blank
Petugas Damkar Pemkab Wonogiri melakukan tugas pemadaman pada kasus kebakaran mobil di depan Perumahan Rolan Regency 4, Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Damkar Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kebakaran mobil terjadi lagi di Kabupaten Wonogiri. Sebuah mobil Suzuki carry pikap berplat nomor AD 9412 LA, Sabtu pagi (15/7), terbakar di depan komplek Perumahan Rolan Regency 4, Bulusulur, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemerintah Daerah (Pemkab) Wonogiri, Joko Santosa, melalui Komandan Regu (Danru) IV Damkar, Sriyanto Kembo, menyatakan, mobil yang terbakar tersebut adalah milik Anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wiyanto.

Kronologinya, mobil milik warga Dusun Bulusari RT 2/RW 3, Desa Bulusulur, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri tersebut awalnya mogok. Upaya untuk menghidupkan mesin dilakukan dengan cara didorong. Sesampainya di depan Kompleks Perumahan Rolan Regency 4, pemilik berupaya mengecek komponen rotak. Ini untuk memastikan apakah ada kendala BBM-nya tidak dapat naik.

Tanpa disadari, saat itu posisi kontak masih on, dan selang rotak aliran BBM tercabut. Seketika itu pula terjadi percikan api dan menyambar rotak. Api cepat berkobar membesar, dan sulit dipadamkan karena di tempat tidak tersedia alat pemadam kebakaran maupun persediaan air yang cukup.

Segera mengontak piket Damkar untuk meminta bantuan pemadaman. Regu IV Damkar bergegas meluncur membawa serta satu unit mobil brandweer ke lokasi, guna melakukan pemadaman. Proses pemadaman berlangsung sekitar 10 menit.

Api berhasil dipadamkan tuntas tanpa menjalar ke mana-mana. Dalam kasus kebakaran mobil ini, tidak menimbulkan korban jiwa maupun korban luka.

Kebakaran mobil pikap tersebut, merupakan yang keduakalinya dalam rentang waktu 5 hari terakhir ini di Kabupaten Wonogiri. Seperti diberitakan, Senin malam (10/7) lalu, dua unit kendaraan roda empat terbakar di Dusun Tambak Wetan, Desa Tambak Merang, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur