blank

SUARABARU.ID Dalam membangun unsur pertama dalam peradaban Islam. Baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam sangat memperhatikan bagaimana membangun karakter baik sahabatnya. Di antara karakter yang menjadi perhatian Rosulullah Sallallahu Alaihi Wasallam kepada para sahabat adalah senantiasa menjaga perasaan saling menghormati dan juga menghargai bersama yang lainnya antara golongan masyarakat bawah maupun atas. Bahwa bagi baginda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam semuanya sama dan dimata Allah SWT standart nya adalah ketaqwaan dan amal sholehnya.

Suatu hari diriwayat kan oleh Abu dzar al ghifari sahabat dari kalangan terpandang berbeda pendapat dengan Bilal bin robbah. Sementara saat itu Bilal masih termasuk golongan dari negeri etopia keduanya berselisih sampai kemudian Abu dzar al ghifari mengucapkan wahai anak berkulit hitam. Rosulullah Muhammad SAW bersabda Wahai abudzar ternyata engkau masih dikuasai sifat jahilyahmu.
Rosulullah memberi nasihat kepada para sahabat untuk saling menghormati dan menghargai antar golongan karena sejatinya dimata Allah adalah sama dan yang membedakan adalah ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Rosulullah juga mengingatkan bahwa mereka semua adalah saudara.
Pelajaran yang sangat luar biasa dari Rosulullah Muhammad SAW ketika para sahabat diingatkan untuk saling menghormati dan menghargai langsung ditaati para sahabat sampai sahabat abu dzar yang mempunyai sepasang selendang diberikan satu untuk sahabat Bilal bin rabbah.
Oleh: Dr. Sugeng Hariyadi, Lc., M.A (Ketua Qur’an Learning Center LKPI Unissula)