Ilustrasi gusi bengkak. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah kamu pernah mengalami pembengkakan pada gusi? Bila dibiarkan tanpa penanganan, gusi yang bengkak bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan dan tulang yang menopang gigi.

Setiap orang, mungkin pernah merasakan gangguan kesehatan seperti gusi bengkak.  Kamu tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mengobati gusi bengkak secara alami.

Mengutip dari Halodoc.com, ada beberapa langkah alami untuk mengatasi gusi bengkak. Saat mengalami pembengkakan pada gusi, kamu mungkin akan menemukan darah yang keluar saat menyikat gigi. Gejala lainnya yang dapat terjadi saat gusi membengkak adalah bau mulut. Jika kamu kerap mengalami masalah ini, mungkin saja jika sudah mengidap tahapan awal dari penyakit gusi atau gingivitis. Jika masalah ini dibiarkan, kamu dapat mengalami periodontitis.

Seseorang yang mengalami periodontitis dapat mengalami masalah pada jaringan yang menopang gigi dan menahannya. Jika gangguan ini tidak segera diobati, tulang di rahang mungkin rusak dan ruang-ruang kecil dapat terbuka diantara gusi dan gigi, sehingga ditakuti bisa sebabkan kerontokan gigi.

Gusi bengkak yang gejalanya masih ringan bisa diatasi sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Simak yuk!

1. Kumur dengan air asin
Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi bengkak secara alami adalah dengan kumur menggunakan air campuran garam atau air asin. Siapkan segelas air hangat dan tuangkan satu sendok garam ke dalamnya lalu aduk hingga rata.

Kumur campuran tersebut di dalam mulut, lalu buang ke wastafel setelahnya. Kandungan garam mampu mencegah serta mengurangi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan pembengkakan.

2. Ramuan herbal
Disebutkan jika beberapa herbal dan rempah-rempah yang dibuat menjadi ramuan dapat digunakan menjadi pengobatan gusi bengkak secara alami. Cara ini efektif untuk mengatasi peradangan dan nyeri pada gusi.