blank
Ilustrasi gusi bengkak. Foto: Dok/Halodoc

Cara menggunakannya cukup dengan mencampurkan bubuk ramuan pilihan dengan sedikit air hangat hingga tercampur rata. Oleskan hasil campuran langsung ke gusi hingga sakit mereda, lalu bilas dengan air. Ulangi hingga merasa lebih baik.

3. Teh Celup
Siapkan sekantong teh segar dan rendam dalam air mendidih hingga 5 menit, seperti saat kamu membuat teh. Saat kantong teh tersebut cukup dingin untuk disentuh, oleskan langsung ke gusi yang bengkak kurang lebih selama 5 menit. Cobalah pilih teh dengan kandungan zat tanin yang tinggi, seperti teh hitam dan teh hijau.

Alternatif lainnya adalah dengan memilih teh yang mengandung ramuan anti-inflamasi, seperti jahe dan chamomile. Ramuan anti-inflamasi tersebut dapat digunakan untuk menenangkan gusi yang membengkak. Selain itu, kandungan tanin pada teh dapat menyerap apa pun yang menyebabkan iritasi pada gusi.

4. Berkumur dengan air lemon
Pengobatan gusi bengkak alami lainnya dapat menggunakan lemon. Buah ini mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya mudah, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Kemudian, kamu bisa menggunakan air lemon sebagai obat kumur. Gunakanlah sebanyak 3 kali sehari.

Kamu juga harus tahu beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada gusi agar tidak kambuh, seperti:

1. Pastikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan gunakan benang gigi secara teratur. Umumnya, gusi yang bengkak disebabkan oleh peradangan, sehingga kebersihan mulut yang baik adalah cara paling baik untuk mencegahnya.

2. Gunakan pasta gigi serta obat kumur yang tidak menyebabkan iritasi pada gusi. Jika kamu berpikir bahwa produk kesehatan mulut yang kini digunakan mengganggu gusi, cobalah untuk beralih ke merek lain.

3. Hindari untuk menggunakan produk tembakau dan minuman beralkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada gusi.

4. Lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayuran setiap setelah makan untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang seimbang.

Itu tadi beberapa cara yang efektif untuk mengatasi gusi bengkak secara alami. Jika kamu mengalami masalah ini, ada baiknya untuk segera mendapatkan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi. Jika pembengkakan pada gusi terus berlanjut, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke ahli medis guna menghindari terjadinya gingivitis.

Ning S