blank
Anggota UKM Pilus USM foto bersama seusai melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan edukasi tentang kesehatan alat reproduksi kepada para siswa TPQ Al Firdaus Tambakrejo, Semarang, pada 8 Juli 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka ulang tahun ke-17, Unit Kegiatan Mahasiswa Pusat Informasi dan Layanan Konseling Universitas Semarang (UKM Pilus USM) melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan edukasi tentang kesehatan alat reproduksi kepada para siswa TPQ Al Firdaus Tambakrejo, Semarang pada 8 Juli 2023.

Kegiatan menghadirkan narasumber anggota Pilar PKBI Jawa Tengah, Chintia Br Sembiring. Chintia memberikan materi “Edukasi Kesehatan Alat Reproduksi”.

Ketua Panitia Oktavia Nurismawati mengatakan, tujuan kegiatan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang kesehatan alat reproduksi. Selain itu menularkan ilmu yang telah diperoleh di kampus untuk kemanfaatan masyarakat.

“Kegiatan ini sebagai sarana mahasiswa menyalurkan ilmu yang telah dipelajari untuk kemanfaatan orang-orang sekitar,” katanya.

Dia mengatakan, selain pemaparan materi, kegiatan yang diikuti 70 peserta tersebut memiliki rangkaian acara berupa pemberian donasi buku dan baju, pelatihan kreativitas dengan puzzle, dengan ceremony perayaan ulang tahun UKM Pilus sebagai puncak acara.

Okta berharap, UKM Pilus dapat menjadi tempat bagi mahasiswa agar dapat berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini UKM Pilus dapat semakin kompak dalam menyalurkan ilmu yang sudah didapat kepada masyarakat kampung nelayan,” ungkapnya.

”Perayaan ulang tahun UKM Pilus tidak hanya untuk dirayakan saja, tapi juga dijadikan program pengabdian kepada masyarakat. Sebab peranan anak muda khususnya mahasiswa sangat penting dalam masyarakat,” tambahnya.

Muhaimin