blank
Ganjar dan Siti Atikoh melakukan start bareng untuk menempuh jarak 5 Km, dalam event Bank Jateng Friendship Run 2023, di DIY. Foto: bormar

YOGYAKARTA (SUARABARU.ID)– Berlari dengan kondisi tangan terbalut perban, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mampu menyelesaikan rute sepanjang 5 Km dengan catatan waktu 50 menit.

Hal itu dia lakukan, saat mengikuti event Bank Jateng Friendship Run 2023, di Yogyakarta, Minggu (9/7/2023). Acara pemanasan jelang Borobudur Marathon 2023 itu, digelar di sejumlah kota besar di Indonesia, di antaranya di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Meski tangannya diperban karena usai operasi, gubernur berambut putih itu tetap berpartisipasi dalam event yang dipusatkan di Museum Benteng Vredeburg, Minggu (9/7/2023) pagi. Ribuan pelari dari berbagai daerah terlihat memenuhi lokasi bersejarah itu.

BACA JUGA: Disporapar Kendal Luncurkan Community Based Tourism’ dan Aplikasi ‘Geographic Information System’

”Perban ini nggak apa-apa, baru copot pen. Tidak mengganggu. Tetap bisa berlari,” kata politisi PDIP yang khas dengan rambut putihnya itu, didampingi istrinya, Siti Atikoh, yang menyelesaikan jarak 5 Km dengan catatan waktu 37 menit.

Ganjar sendiri mengaku kagum, melihat semangat dan antusias para runners yang ikut dalam acara ini. ”Semuanya semangat, ditambah udara cerah dan tempat yang eksotis. Mudah-mudahan ini bagian dari semangat kita untuk gemar berolahraga,” ucapnya.

Menurut calon presiden dari Partai PDIP itu, Yogyakarta menjadi tempat yang sangat istimewa, dalam perhelatan Bank Jateng Friendship Run 2023. Sebab, Jateng dan Yogyakarta memiliki ikatan yang sangat kuat.

BACA JUGA: Penyanyi Belia Quinn Salman Meriahkan Lomba Gambar Hari Anak Nasional

blank
Menempuh jarak 5 Km, Ganjar (tengah) mampu menembus garis finish dengan waktu tempuh 50 menit. Foto: bormar

”Kolaborasi antara Jateng dengan provinsi lain termasuk Yogya, bisa kita kreasi bersama. Kita pernah ke Borobudur dengan sepeda lewatnya Yogya. Menarik rutenya, mulai Solo, Yogya, Semarang. Joglosemar ini destinasi terintegrasi, makanya tolnya sudah kami siapkan,” jelasnya.

Disampaikan juga, selain sport tourism, ada banyak event yang bisa dikolaborasikan antara Jateng dan DIY. ”Banyak yang belum dieksplore, tempat wisata, kuliner, seni budaya, tempat heritage yang indah dan lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, event Bank Jateng Friendship Run 2023 di Yogyakarta ini, berlangsung meriah. Sekitar 1.000 runners, terlihat bersemangat dan bergembira, mengikuti acara ini.

BACA JUGA: Berkas Perbaikan Bacaleg DPC PDIP Kota Tegal Dinyatakan Lengkap

”Acaranya seru, dikelola dengan profesional. Apalagi di Yogya, tempatnya indah dan kita lari di banyak tempat bersejarah. Pokoknya seneng,” kata Juke, seorang peserta.

Dia juga mengaku, sangat ingin ikut berpartisipasi dalam acara Borobudur Marathon 2023. Namun karena sistem ballot, dia belum bisa memastikan terdaftar ikut lomba lari di kawasan Candi Borobudur itu atau tidak.

”Saya sih berharap bisa ikut. Tetapi kalaupun tidak bisa, sudah puas bisa ikut acara ini,” pungkasnya.

Riyan