Para anggota Senkom Mitra Polri yang mengikuti pelatihan, foto bersama dengan instruktur dari Polsek dan Koramil Jatipurno, Wonogiri.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Polsek Jatipurno Polres Wonogiri, Minggu (9/7), menggelar pembinaan dan pelatihan bagi para anggota Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri.

Tokoh masyarakat Jatipurno, Wonogiri, Tarmin, mengabarkan, kegiatan ini, berlangsung di Bumi Perkemahan Samaharjo milik Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) yang berada di Dusun Sananan, Desa Mangunharjo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri.

Tampil menjadi instruktur dan nara sumber, dari personel Polsek dan dari Koramil Jatipurno. Yakni Kanit Binmas Aiptu Mustofa Sri Agung bersama Aipda Fajar Setyawan dan Sertu Maryono.

Mereka memberikan pembinaan dan pelatihan dengan materi tentang Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta pengaturan lalu lintas. Yang diberikan melalui teori dan praktik.

Senkom Mitra Polri memiliki visi untuk menjadi organisasi yang handal dan profesional, dalam mewujudkan ketertiban dan keamanan di masyarakat melalui peningkatan kesadaran masyarakat.

Aman Tentram

Misinya adalah membangun kesadaran serta memperluas peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah dan kepolisian, dalam menciptakan rasa aman, tentram, damai, serta keamanan mandiri di lingkungan masyarakat.

Ketua Senkom Jatipurno, Waluyo, menyatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari tujuan Senkom, yaitu memasyarakatkan pemahaman tentang ketertiban dan keamanan serta membantu meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam hal hukum dan bela negara. Melalui komunikasi dan informasi, Senkom berperan dalam membina ketertiban dan keamanan, hukum dan bela negara, serta penanganan bencana alam dan gangguan sosial.

Jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 orang. Diharapkan melalui kegiatan ini, para anggota Senkom dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran dalam menjalankan tugas sebagai mitra Polri, serta mampu memberikan kontribusi positif dalam menciptakan ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Polres Wonogiri melalui Polsek Jatipurno terus berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas anggota Senkom Mitra Polri guna menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan harmonis bagi seluruh warga masyarakat.
Bambang Pur