Siswi SMA dan SMK di Kota Salatiga mengikuti Dance Competition dalam acara IE Cup FEB UKSW, Sabtu (08-07-2023) Di GOR SMA Kristen Satya Wacana. Foto: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi (IE) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) kembali menggelar kompetisi bagi siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertajuk IE Cup 2023, Sabtu (08/07/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan di ruang F 114 UKSW, GOR SMA Kristen Satya Wacana dan gedung FEB 207 ini, diikuti oleh 61 peserta dari dua belas sekolah di kawasan Kota Salatiga dan sekitarnya.

Sekolah yang mengikuti kegiatan tahunan ini antara lain SMA Negeri 1 Salatiga, SMA Negeri 1 Ambarawa, SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga, SMA Sedes Sapientiae Semarang, SMA Kristen Satya Wacana, dan SMA Negeri 3 Magelang. Lainnya SMA Negeri 1 Tuntang, SMA Islam Terpadu Ihsanul Fikri Kabupaten Magelang, SMA Negeri 3 Salatiga, SMA Kristen 1 Salatiga, SMA Negeri 2 Salatiga dan SMA Negeri 1 Bergas Tuntang.

Saat ditemui di awal kegiatan, ketua panitia Dhian Adhitya, S.Pd., ME menyebutkan FEB mewadahi bakat siswa-siswi, salah satunya melalui kegiatan IE Cup ini. Tidak hanya itu saja, harapannya mereka dapat menyalurkan kemampuan yang mereka miliki.

Lebih lanjut disampaikannya, kompetisi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Dhian Adhitya yang juga Koordinator Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama dan Kealumnian FEB (B3K) menyampaikan bahwa tahun ini IE Cup menambahkan lomba Dance, sehingga terdapat dua kompetisi yang digelar hari ini yakni E-Sport Mobile Legend dan Dance Competition.

“Peserta kompetisi tahun ini juga lebih banyak dari tahun sebelumnya. Terdapat delapan tim yang mengikuti E-Sport Mobile Legend dan lomba Dance diikuti oleh empat tim,” tuturnya.

Rangkaian kompetisi

Selama satu hari penuh, peserta lomba E-Sport Mobile Legend harus mengikuti kompetisi secara tim. Sebelum masuk ke babak final, kedelapan tim tersebut harus mengikuti beberapa rangkaian pertandingan. Adapun rangkaian pertandingan hari ini yakni pertandingan babak pertama yaitu babak penyisihan untuk masuk ke semifinal. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan final hingga perebutan juara.

Setelah mengikuti rangkaian kompetisi keluar sebagai juara pertama pada lomba E-Sport Mobile Legend yaitu tim Never Hopeless yang beranggotakan siswa dari SMA Negeri 3 Magelang, SMA Islam Terpadu dan SMP Negeri 1 Magelang. Kemudian, tim Es Teh Anget yang beranggotakan siswa dari SMA Negeri 1 Salatiga dan SMA Negeri 3 Salatiga meraih juara kedua. Sedangkan juara ketiga diraih oleh tim Poke Jadi Anime beranggotakan siswa SMA Negeri 1 Salatiga dan SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Salatiga.

Siswa SMA dan SMK di Kota Salatiga mengikuti E Sport Mobile Legend dalam acara IE Cup FEB UKSW di Gedung FEB ruang 207. Foto: Humas UKSW

Sementara itu dicabang Dance Competition, tim Stula Crew beranggotakan siswa dari SMA Negeri 2 Salatiga dan SMA Negeri 3 Salatiga berhasil mendapatkan juara pertama. Sedangkan juara kedua diraih oleh tim Immortal yang beranggotakan siswa dari SMA Negeri 1 Salatiga dan juara ketiga diraih oleh tim DSA Crew dari SMA Negeri 1 Bergas Tuntang.

Para peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat mengikuti kompetisi hari ini, salah satunya Dominiq Wyoletta Meilasari. Siswi kelas XI dari SMA Negeri 2 Salatiga yang mengikuti kompetisi Dance ini mengungkapkan rasa bahagianya karena dapat menunjukan bakatnya.

“Untuk pertama kalinya saya mengikuti kompetisi IE Cup ini. Saya merasa senang bisa mengikuti kompetisi ini karena mendapatkan kenalan baru dan dapat mengenal Prodi Ilmu Ekonomi,” ungkap Dominiq yang juga tergabung dalam tim Stula Crew.

Tidak hanya Dominiq, seorang siswa dari SMA Negeri 1 Ambarawa Manuel Messi Dolok Saribu juga mengungkapkan rasa bahagianya saat mengikuti pertandingan pada lomba E-Sport Mobile Legend.

“Sangat seru bisa bertanding di IE Cup hari ini. Saya bisa bertanding sekaligus dapat mengenal siswa dari sekolah lain. Disini kami tidak hanya bertanding saja, melainkan kami membangun relasi juga,” ungkapnya.

Apresiasi positif

Kompetisi tahunan ini memperoleh apresiasi positif dari Dekan FEB Dr. Yefta Andi Kus Noegroho, S.E., M.Si., Ak., CMA., CA. Dalam video sambutannya, Dr. Yefta Andi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta IE Cup tahun ini. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kerja sama antara FEB dengan sekolah-sekolah di Jawa Tengah.

Saat dijumpai usai kegiatan, Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Ekonomi Prof. Dr. Gatot Sasongko, SE., MS., menuturkan bahwa melalui kegiatan ini FEB ingin menjalin relasi dengan sekolah-sekolah SMA di Salatiga dan sekitarnya, serta berbagi ilmu pengetahuan melalui berbagai kegiatan, salah satunya IE Cup ini.

“Harapannya, dengan kita menjalin kerja sama seperti ini mereka dapat mengenal lebih dalam tentang IE dan UKSW. Acara hari ini tidak hanya sekedar hura-hura melainkan terjalin relasi secara berkelanjutan,” tandasnya.

UKSW-wied