blank
Ilustrasi hewan kurban. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dompet Dhuafa Jawa Tengah distribusikan hewan kurban ke berbagai wilayah terpencil di Jawa Tengah dalam momen Idul Adha 1444 H.

Dalam rilisnya, Jumat (7/7/2023) disebutkan, sebanyak 2.170 ekor domba/kambing (Doka) telah ter-distribusikan di lebih dari 20 kota/kabupaten se-Jawa Tengah, dengan total penerima manfaat 21.700 orang di seluruh Jawa Tengah.

Mengusung tema “Satu Kurban Sejuta Manfaat”, program Tebar Hewan Kurban (THK) tahun ini sudah berusia 29 tahun sejak pertama kali di inisiasi pada tahun 1994, dimana pada tahun pertamanya Dompet Dhuafa menghimpun dan mendistribusikan 644 ekor Doka dan 8 ekor sapi yang didistribusikan di seluruh wilayah yang membutuhkan di Nusantara.

Secara keseluruhan pada Idul Adha 1444 H ini Dompet Dhuafa menghimpun dan menyalurkan Doka sebanyak 25.431 ekor yang didistribusikan di seluruh Nusantara.

Sementara di Jateng sendiri terhimpun dan tersalurkan sebanyak 2.170 ekor Doka, dimana ada peningkatan dari tahun 2022 telah tersalurkan sebanyak 1.500 ekor Doka yang didistribusikan di berbagai wilayah Jawa Tengah.

Program THK ini merupakan komitmen Dompet Dhuafa dalam pemerataan distribusi hewan kurban ke wilayah pedalaman yang relatif lebih jarang mengadakan kurban ketika Hari Raya Idul Adha, berbanding terbalik kondisinya dengan di kota-kota besar yang ketersediaan hewan kurbannya berlimpah.

Ironi ini diperparah dengan fakta bahwa tidak sedikit dari masyarakat di pedalaman yang hanya bisa makan daging ketika momen Idul Adha, itupun jika ada yang berkurban di lingkungannya.

Mananggapi hal tersebut, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jateng, Zaini Tafrikhan menyampaikan harapannya terhadap program THK ini.

Menurutnya, sudah 29 tahun Dompet Dhuafa konsisten mendistribusikan hewan dan daging kurban ke penjuru Nusantara, dan masih di bulan yang sama Dompet Dhuafa memasuki usianya yang ke-30 tahun.

“Ini merupakan momen emosional dan capaian luar biasa bagi Dompet Dhuafa. Semoga ini tidak menjadikan kita merasa puas karena masih banyak daerah yang perlu dijangkau, masih banyak masyarakat yang perlu disapa. Kita berharap Dompet Dhuafa selalu konsisten akan komitmen tersebut,” ungkap Zaini.

Ning S