blank
RAMAI - Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Pekalongan ramai pengunjung saat libur Idul Adha lalu. (foto: dinkominfo)

KOTA PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Selama momentum liburan dan cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023 terhitung mulai tanggal 28 Juni-2 Juli 2023, Taman Wisata Laut (TWL) Pantai Pasir Kencana Pekalongan berhasil menggaet 2.040 orang pengunjung. Jumlah ini meningkat dibandingkan pada momentum libur Idul Adha tahun 2022 silam.

Kepala UPTD TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan, Aan Cholifah melalui Staf Administrasi setempat, Fahmi Maulana membenarkan bahwa, saat momentum cuti bersama Hari Raya Idul Adha 2023 ini, kondisi TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam maupun luar Kota Pekalongan. Fahmi menyebutkan, terhitung cuti bersama tanggal 28 Juni-2 Juli 2023, ada 2.040 orang yang mengunjungi TWL Pantai Pasir Kencana.

“Berdasarkan pantauan kami, mayoritas pengunjung berasal dari luar daerah Kota Pekalongan. Kami juga sudah bekerjasama dengan para biro perjalanan agar bisa mengajak para wisatawan yang datang ke Kota Pekalongan bisa memasukan salah satu list destinasinya ke TWL Pantai Pasir Kencana,” terangnya saat dikonfirmasi di Kantor TWL Pantai Pasir Kencana, Kamis (6/7/2023).

Disampaikan Fahmi, di Obyek Wisata TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan, ada beragam aktivitas dan wahana yang para pengunjung bisa nikmati dan patut dicoba yakni, berenang di kolam keceh untuk anak-anak dan kolam dewasa dengan kedalaman 1 meter. Wisatawan bisa berenang di kolam atau sekedar bersantai di tepiannya. Disamping itu, bisa menikmati hiburan musik dan festival seni di Panggung Keong yang menjadi center of view dari Pantai Pasir Kencana.

Disamping itu, mencoba Jogging di Sky Walk dengan view Pantai dan mengabadikan sejumlah foto menarik di spot-spot terbaik, terutama saat matahari tenggelam (sunset). Tak hanya itu, di area Pantai Pasir Kencana terdapat menara pandang bernama Tower Batik dengan ketinggian 10 meter. Puncak menara ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati panorama pantai dan laut Jawa dari ketinggian serta merasakan sensasi asyiknya gowes perahu bebek bersama sahabat atau keluarga dan berkeliling dengan skuter sembari ditemani semilir angin laut.

Lanjut Fahmi menambahkan, untuk Harga Tiket Masuk (HTM) di TWL Pantai Pasir Kencana Pekalongan masih cukup terjangkau yakni Hari Senin-Kamis (weekday) sebesar Rp15 ribu/orang, Jumat-Minggu (weekend) Rp20 ribu/orang, dan pada Hari Libur Nasional seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan sebagainya berlaku Rp25 ribu/orang.

“Selama cuti bersama Idul Adha kemarin, TWL tetap beroperasional seperti biasa mulai buka pukul 07.00 sampai dengan 21.00 WIB. Mengingat, Pemerintah Pusat menetapkan cuti bersama ini untuk meningkatkan ekonomi dan pariwisata daerah. Kebanyakan pengunjung berkunjung kesini pada sore hari untuk menikmati panorama sunset dan orangtua membawa anak-anaknya untuk berenang di kolam keceh, terlebih cuti bersama Idul Adha tahun ini bertepatan juga dengan masa libur sekolah,” tandasnya.

Nur Muktiadi