blank
Presiden Jokowi saat meresmikan pengembangan Bandara Ewer, Kamis (6/7/2023) pagi. Foto: setpres

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Presiden RI Joko Widodo berharap, keberadaan Bandar Udara (Bandara) Ewer, di Kabupaten Asmat, Papua, dapat mendorong perkembangan dan kemajuan daerah di Papua Selatan itu.

Hal itu seperti yang disampaikan Presiden, saat meresmikan Terminal Bandara Ewer, Kamis (6/7/2023) pagi. Dikatakan dia, Bandara Ewer siap melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kabupaten Asmat, meningkatkan konektivitas antarwilayah, serta memperlancar arus barang dan orang.

”Kita ingin dengan selesainya Bandara Ewer ini, Asmat akan semakin berkembang dan maju. Dan kita harapkan ekonomi di Kabupaten Asmat, di Papua Selatan, secara umum akan semakin baik dan semakin meningkat,” ujar Presiden.

BACA JUGA: Anthony Sinisuka Ginting Kini Sandang Status ASN Kemenpora, Berikut Daftar 27 Nama Atlet

Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat ini memiliki landasan sepanjang 1.650 meter, dan melayani penerbangan pesawat ATR 72. Keberadaan Bandara ini, juga berpotensi mendorong peningkatan sektor pariwisata di Asmat.

”Tadi saya mendapatkan laporan, sekarang setiap minggu dari Timika telah ada dua kali penerbangan. Dari Kamur seminggu sudah ada empat kali penerbangan, dan dari Merauke seminggu sudah ada empat kali penerbangan. Ini akan membuka wisata Asmat akan semakin meningkat,” tandasnya.

Hadir mendampingi Presiden dalam peresmian antara lain, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Panglima TNI Yudo Margono, Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, dan Bupati Asmat Elisa Kambu.

Riyan