blank
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Semarang (HME USM) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema "Peran Engineer dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang pada Perkembangan Teknologi di Era Society 5.0", baru-baru ini.

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Semarang (HME USM) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Peran Engineer dalam Menghadapi Tantangan dan Peluang pada Perkembangan Teknologi di Era Society 5.0″, baru-baru ini.

Kegiatan ini diselenggarakan secara online menggunakan platform zoom meeting. Kegiatan ini diikuti 145 orang terdiri atas mahasiswa dan umum.

Narasumber pada kegiatan ini Dr Iman Fahruzi, ST MT (dosen Politeknik Negeri Batam) yang menyampaikan materi ”Emerging Trends in Artificial Intelligence and Internet of Things (IoT) In Society 5.0 Era” dan Achmad Affandi, ST MM (tim Leader Transaki Energi PLN Watampone) dengan materi ”Tantangan dan Peluang di Era Society 5.0”.
Acara itu dimoderatori dosen Teknik Elektro Universitas Semarang, Puri Muliandhi, ST MT.

Iman mengatakan, sifat revolusioner AI dapat dilihat dalam segala hal mulai dari perawatan kesehatan hingga manufaktur dan transportasi. Kemampuannya untuk mengotomatiskan banyak proses dengan cepat dan akurat menjadikannya alat yang ampuh bagi masyarakat luas bila digunakan dengan tepat.

”AI menjanjikan lompatan besar dalam kemajuan baik secara teknologi maupun kreatif. Ini memungkinkan kami untuk mengejar proyek baru tanpa batasan yang ditimbulkan oleh kemampuan manusia seperti kelelahan atau kurangnya pemahaman konsep yang rumit, memberi kami peluang,” ujarnya.

“Cara kita hidup dan bekerja berubah sebagai hasil dari evolusi teknologi IoT yang cepat. Perangkat IoT yang dapat dikenakan meningkat dan menjadi lebih canggih sebagai tanggapan atas meningkatnya permintaan akan perangkat yang lebih terhubung dan praktis,” tambahnya.

Menurutnya, dengan memberikan kesadaran dan pengambilan keputusan seperti manusia pada lingkungan, AI dapat meningkatkan keunggulan IoT, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi dan meningkatkan proses.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro yaitu Dr Ari Endang Jayati ST MT.

”Kegiatan seminar nasional ini sangat bermanfaat sekali dan merupakan program kerja tahunan oleh HME. Sehingga diharapkan para peserta dapat mengambil ilmu yang telah diberikan oleh pemateri dan dapat mengikuti kegiatan ini sampai akhir,” kata Ari.

Ketua HME USM, Mailanny Puspita Sari mengatakan, kegiatan ini adalah program kerja Himpunan Mahasiswa Elektro. Tujuannya membuka wawasan tentang Peran Engineer dalam menghadapi tantangan dan peluang pada perkembangan teknologi di era society 5.0.

Dia berharap, kegiatan ini dapat menginovasi kepada mahasiswa dan kalangan umum agar ke depan lebih mengetahui tentang perkembangan teknologi terutama pada bidang AI dan IOT.

Muhaimin