Ilustrasi cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu ingin tampil dengan wajah bersih tanpa bintik hitam? Sebenarnya untuk mengatasi bintik hitam di wajah tidak selalu membutuhkan produk maupun prosedur kecantikan yang mahal.

Mengutip dari Alodokter, ada berbagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Perlu diketahui, bahwa gelap atau tidaknya warna kulit ditentukan oleh banyaknya zat warna (pigmen) yang dinamakan melanin. Makin banyak melanin, makin gelap pula warna kulit yang dimiliki.

Namun, ada kalanya produksi melanin meningkat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) dan peradangan, sehingga menimbulkan bintik hitam di permukaan kulit.

Meski umumnya tidak berbahaya, bintik hitam dapat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, berbagai cara untuk menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami pun kerap diupayakan.

Noda, flek, atau bintik hitam dapat berkembang di area tubuh mana saja, terutama di wajah. Meskipun demikian, kemunculannya dapat mengganggu penampilan hingga perlu mendapatkan perawatan.

Selain menjalani prosedur medis dari dokter kecantikan, ada juga berbagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah.

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah, simak yuk..

1. Lidah buaya
Salah satu cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami adalah dengan menggunakan lidah buaya. Aloin dan aloesin adalah senyawa dalam lidah buaya yang dipercaya dapat mencerahkan dan mengurangi munculnya bintik hitam di wajah.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini, kamu dapat menghancurkan daging lidah buaya, kemudian mengoleskannya langsung ke bintik hitam di wajah. Kamu bisa mengulangi cara ini sebanyak beberapa kali dalam sehari.

2. Cuka apel
Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam asetat di dalam cuka apel dapat mengurangi munculnya bintik hitam. Oleh karena itu, bahan alami satu ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan bintik hitam di wajah secara alami.

Kamu dapat mengencerkan cuka apel menggunakan air, lalu mengoleskannya ke bintik gelap di wajah menggunakan kapas. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas menggunakan air suam-suam kuku. Kamu bisa mengulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari hingga bintik hitam di wajah menghilang.