blank
Ilustrasi daging beku. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Diwaktu kamu memerlukan  daging mencair dengan cepat, ada beberapa pilihan. Dalam waktu sekitar satu jam, potongan daging yang lebih kecil dapat mencair dalam air dingin, sementara microwave membuat prosesnya lebih cepat.

Dengan cara mencairkan daging beku dengan cepat di bawah ini, kamu bisa menyelesaikan masakan tepat waktu.

Ketika kamu harus menyajikan makanan di meja untuk makan malam dan sekarang sudah sore, kamu melihat daging kamu masih dalam keadaan beku.

Baca Juga: Yuk Cobain Resep Sate Goreng Daging Sapi dan Kambing, Simpel!

Kamu mungkin berpikir, tidak ada waktu untuk menunggu es yang mengelilingi daging mencair. Maka, apa yang harus dilakukan? Berikut pendekatan atau cara mencairkan daging beku dengan cepat dari thepruceeats.

Diansir dari Suara.com, metode ini bekerja dengan sempurna untuk mencairkan daging berpotongan kecil seperti steak, dada ayam, daging giling, pinggang babi, dan lain-lain. Ini tidak efektif untuk burung utuh dan daging panggang besar.

1. Keluarkan daging dari kemasannya, dan masukkan ke dalam kantong plastik bersih yang dapat ditutup.
2. Periksa kantong apakah ada kebocoran dan tekan udara sebanyak mungkin sebelum menyegel—udara berlebih akan menyebabkan kantong mengapung, dan daging tidak akan mencair dengan cepat.
3. Rendam kantong berisi daging tersebut dalam semangkuk air dingin.
4. Ganti air setiap 30 menit, sampai daging mencair.

Baca Juga: Tips Menyimpan Daging Agar Awet Segar dan Tahan Lama

Selain dengan merendam daging di dalam air dingin, ada alternatif cepat lainnya untuk mencairkan daging yaitu menggunakan microwave. Gunakan pengaturan defrost (daya 50 persen) pada microwave untuk mencairkan daging dalam hitungan menit.

Sebagian besar gelombang mikro memungkinkan kita memasukkan berapa potong daging yang perlukita cairkan dan secara otomatis akan menghitung waktu pencairan yang disarankan.

Jika microwave tidak memiliki mode defrost, gunakan pengaturan daya terendah dan panaskan daging secara bertahap sampai mencair.

Baca Juga: Bingung Mau Dimasak Apa? Yuk Simak Resep Semur Daging Betawi

Selain kedua cara di atas, ada cara ketiga yakni cairkan dengan air panas. Siapkan air panas dulu di dalam sebuah wadah. Setelah itu masukkan daging beku ke dalam wadah, es akan mencair selama beberapa saat.

Mencairkan daging dengan air panas adalah cara tercepat dan aman selain menggunakan microwave. Mencairkan daging beku dengan air dingin sebenarnya adalah cara teraman daripada kedua cara sebelumnya, namun jika dibandingkan dengan dua cara sebelumnya, mencairkan daging dengan air dingin memakan waktu lebih lama.

Demikian itu cara mencairkan daging beku dengan cepat. Semoga berhasil.

Claudia