blank
Lestari Moerdijat. Foto: fn

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemahaman nilai-nilai sejarah kebangsaan harus terus ditingkatkan, untuk menjadi acuan bersikap bagi generasi penerus bangsa. Hal ini juga untuk menjawab berbagai tantangan di masa kini dan mendatang.

”Nilai-nilai sejarah Indonesia yang ditorehkan para pendahulu bangsa masih sangat relevan. Hal ini juga untuk menjadi landasan bersikap, dalam menjawab sejumlah tantangan berbangsa dan bernegara di masa kini,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/7/2023).

Saat ini terdapat 496 dokumen Ingatan Kolektif Dunia The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Sebanyak 11 di antaranya dimiliki Indonesia, termasuk ketiga arsip yang baru saja ditetapkan, yakni pidato Presiden Soekarno bertajuk ‘To Build the World a New’, Pertemuan Pertama Gerakan Non-Blok, dan Hikayat Aceh.

BACA JUGA: Kemenpora Dorong KONI Kembangkan Inovasi Keolahragaan

Pada Senin (3/7/2023) lalu, ketiga arsip sertifikat Ingatan Kolektif Dunia UNESCO itu, diserahkan wakil tetap Indonesia di UNESCO, Prof Ismunandar, kepada Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah.

Sementara delapan dokumen lainnya adalah, Arsip VOC, Arsip Konferensi Asia-Afrika, Babad Diponegoro, Arsip Konservasi Borobudur, Arsip Tsunami, La Galigo, Nagarakertagama, dan Cerita Panji.

Menurut Lestari, peristiwa itu merupakan bentuk pengakuan dunia terhadap pentingnya nilai-nilai sejumlah peristiwa sejarah di Indonesia, yang merupakan bagian dari peristiwa sejarah dunia.

BACA JUGA: Libur Sekolah, Museum Lawang Sewu Hadirkan Miniatur Lokomotif Terbesar Se-Indonesia

Rerie, sapaan akrab Lestari berpendapat, pentingnya nilai-nilai sejarah sejumlah peristiwa di Indonesia, seharusnya mendorong setiap anak bangsa mampu menggali dan memaknai nilai-nilai luhur yang diwarisi nenek moyangnya sendiri.

Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu mendorong, agar sistem pendidikan Nasional yang diterapkan saat ini, juga ikut mengakselerasi penanaman nilai-nilai sejarah bangsa ini kepada para peserta didik.

Menurut anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, wajib bagi setiap anak bangsa memiliki pemahaman yang utuh terhadap nilai-nilai sejarah bangsa, dalam upaya membangun karakter generasi penerus yang tangguh.

Rerie juga mengajak seluruh elemen bangsa, untuk bersama-sama melestarikan nilai-nilai yang diwarisi para pendiri bangsa, seperti kejujuran, persatuan, gotong-royong dan budi pekerti yang luhur, dalam mengisi kemerdekaan dengan mewujudkan proses pembangunan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Riyan