blank
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengamati kondisi ruangan sekolah di SMK Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri, yang rusak parah. Bagian atap dan langit-langit plafon ruangannya, jebol terdampak gempa bumi Bantul Yogyakarta.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gubernur Jateng,Ganjar Pranowo, Senin siang (3/7), datang ke Wilayah Kecamatan Pracimantoro dan Kecamatan Giritontro, di Kabupaten Wonogiri. Kunjungan orang pertama di Jateng ini, dilakukan untuk meninjau dampak kerusakan akibat gempa bumi Bantul Yogyakarta.

Lokasi pertama yang ditinjau Gubernur, adalah Gedung SMK Negeri 1 Pracimantoro yang berlokasi di Lingkungan Sawahan, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Sekolah ini, mengalami kerusakan parah, akibat Gempa Bumi Bantul yang terjadi Jumat malam (30/6) lalu.

Terdapat sekitar 30 ruangan di sekolah tersebut, yang mengalami kerusakan. Jenis kerusakan diawali dari bagian atap, genting-genting pada rontok, menyebabkan langit-langit plafon ruangan pada jebol. Kelengkapan belajar para siswa rusak, termasuk peralatan komputer dan fasilitas perangkat laboratorium lainnya.

Bangunan masjid di sekolah itu juga rusak. Untuk sementara, taksir kerugian mencapai sekitar Rp 800 juta lebih. Sementara itu, dari pihak Baznas Provinsi Jateng, peduli memberikan bantuan dana yang berusmber dari pengumpulan zakat infaq sodakoh sebesar Rp 50 juta.

Ikut hadir menyertai kunjungan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Kepala BMKG Pusat Prof Ir Dwi Korita Karnawati MSc, PhD, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Dr Uswatun Hasanah SPd, MPd, serta Ketua Baznas Provinsi Jateng KH Daroji.

Juga hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri yang diwakili Ny Maryati bersama rombongan dari BNPB Pusat, Dandim 0728 Wonogiri yang diwakili Kasdim Mayor (Inf) Iman Maulana Sirod, Kapolres Wonogiri yang diwakili Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo, Kapolsek Pracimantoro Iptu Buna Eko Trilaksono, Danramil-13 Pracimantoro yang diwakili Pelda Sucipto beserta unsur Forkompimcam.

Laboratorium

Kunjungan Gubernur Jateng untuk meninjau kondisi Gedung SMK Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri. Disebutkan, Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 1 Pracimantoro yang definitif, Putra Jaya MPd, saat ini masih menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

blank
Didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Uswatun Hasanah (kiri), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat tiba di SMK Negeri 1 Praciantoro, Wonogiri, disambut Plh Kasek, Wakasek bersama para Guru dan Staf TU serta pejabat TNI, Polri dan Forkompimcam.(Dok.Ist)

Kehadiran Gubernur, disambut oleh Plh Kepala Sekolah (Kasek) Bambang Ixtiyarto SPd, MPd beserta staf Tata Usaha, para Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) dan guru-guru serta Pimpinan Relawan Prabu, Wawan. Kepada Gubernur, dilaporkan tentang kejadian gempa yang berdampak pada kerusakan bangunan maupun peralatan belajar, komputer dan fasilitas kelengkapan laboratorium sekolah.

Di SMK Negeri 1 Pracimantoro, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, meninjau dengan seksama semua ruangan sekolah yang rusak oleh dampak gempa bumi. Juga mendengarkan penuturan kisah terjadinya musibah tersebut dari petugas.

Usai melakukan peninjauan ke semua titik kerusakan, pada Pukul 12.53, Gubernur bersama rombongan melanjutkan peninjauannya ke wilayah Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri.

Seperti diberitakan Senin pagi tadi (3/7), Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Trias Budiono, menyatakan, dampak Gempa Bumi tersebut telah merusak setidk-tidaknya 210 bangunan. Terdiri atas 192 rumah penduduk dan 18 fasilitas umum (Dasum) termasuk di dalamnya gedung sekolah.
Bambang Pur