blank
Juara renang TKL Ecopark Fun Swimming foto bersama Direktur TKL Ecopark, Arif Taat Ujiyanto (kiri). (Dok)


MAGELANG (SUARABARU.ID) –
Sebanyak 209 atlet dari 48 sekolah dan klub dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat berpartisipasi pada Kejuaraan Renang TKL Ecopark Fun Swimming II Tahun 2023.

Kejuaraan yang berlangsung di kolam renang obyek wisata Taman Kyai Langgeng Kota Magelang beberapa hari lalu (25/6), bertujuan mencari atlet-atlet renang muda untuk masa depan.

Wali Kota Magelang Muhammad Nur Aziz menyambut baik digelarnya lomba ini. Menurutnya, kejuaraan ini berperan penting dalam ikut mempersiapkan bibit-bibit atlet muda, terutama kebebasan anak dalam memilih kegiatannya.

“Selamat datang di Kota Magelang. Ini penyelenggaraan yang kedua kali. Selamat bertanding dan semoga berprestasi,’’ katanya yang diwakili Kepala Disporapar, Sarwo Imam Santoso.

Ketua PRSI Kota Magelang, HIR Jatmiko mengatakan, event ini kali kedua diselenggarakan di TKL Ecopark. Tujuannya untuk menumbuhkembangkan olahraga renang di kalangan anak-anak atau pemula, dengan sistem kelompok umur tahun kelahiran.

“Kita kemas secara segmen anak-anak pemula. Anak-anak diajak berkompetisi secara menyenangkan. Aturan standar kejuaraan tetap digunakan namun menyesuaikan. Jadi anak-anak dibawa untuk mengenal kompetisi renang sekaligus mengenal peraturan renang,’’ ujarnya.

Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang dari Partai Hanura itu mengaku, renang belum mendapat perhatian secara maksimal dari para pemangku kebijakan maupun para pengusaha di Kota Magelang. Mengingat, lanjut Jatmiko, kepopuleran prestasi renang Kota Magelang sempat tidak terdengar di kancah nasional.

“Namun saat ini, kami PRSI Kota Magelang bersemangat tinggi membangun prestasi renang. Terlebih fasilitas kolam di Kota Magelang telah memadai, terutama Samapta Aquatic Stadium. Bahkan kemarin atlet kita, Muhammad Fariz Al Farrel masuk menjadi tim Provinsi Jawa Tengah yang berlaga di Kejurnas FAI di Jakarta. Alhamdullilah masuk peringkat 13 dari 116 perenang seluruh Indonesia di babak kualifikasi Pra-PON,’’ terangnya.

Direktur TKL Ecopark, Arif Taat Ujiyanto, mengucapkan terima kasih kepada cabor PRSI Kota Magelang yang telah menyelenggarakan kejuaraan renang di TKL. Dia menilai, gelaran ini mempunyai tujuan besar dalam ikut membina olahraga renang.

“Tentunya dalam nuansa yang berbeda, namun semangat bertanding tetap sama. Meski fun swimming, namun ini sebagai bentuk pembinaan kepada usia dini,” tuturnya.

Dalam kejuaraan ini keluar sebagai perenang terbaik KU 2011 Putra diiraih Brilyan Lintang S dari SD Banjaransari, dan kategori Putri diraih oleh Fionna Azarine Bella Agha dari Barracuda SC Kota Magelang.

Perenang terbaik KU 2012 Putra diraih oleh Muhammad Kensho Candra dari Tirta Amanda SC Yogyakarta dan kategori putri diraih rekan satu klubnya, Aline Dhia Putri Shakira. Perenang terbaik KU 2013 Putra diraih oleh Tsaqib Abrisam Al Fatih dari SD Islam My Habibie, dan jenjang putri diraih Aliyah Hasna Fadhila dari Tirta Amanda SC Yogyakarta.

Untuk perenang terbaik KU 2014 Putra diraih oleh Ghiyats Gajaksahda dari Tirta Amanda SC Yogyakarta, dan kategori Putri diraih oleh Azalea Khaliqa Dzahin dari SD Islam My Habibie. Perenang terbaik KU 2015 Putra diraih oleh Yassir Tristanto dari SDIT MTA Sukoharjo dan kategori putri diraih Almira Navya Azzahra Wibowo dari SDN Sidorejo.

Perenang terbaik KU 2016 Putra diraih oleh Muhammad Reyvan Alvaro dari BA Asyiyah 3 Sonorejo, dan jenjang putri diraih Aulia Virmandita Maheswari dari SDN 2 Boja.

Doddy Ardjono