blank
Tim PkM USM menyerahkan cendera mata kepada perwakilan peserta seusai workshop terkait "Penyakit Sarcopenia" di Kelurahan Gayamsari Kota Semarang pada 24 Juni 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Semarang (USM) menggelar workshop terkait “Penyakit Sarcopenia” di Kelurahan Gayamsari Kota Semarang pada 24 Juni 2023.

Tim PkM terdiri atas tiga dosen USM dan dua mahasiswi USM. Tim yang diketuai Dosen S1 Manajemen USM Wahyu Puspitasari SE MM ini beranggotakan, Dosen Fakultas Ekonomi USM Metta Christiana SPd MKes, Dosen S1 Akuntansi USM Shinta Eka Kartika SE MSi Akt, Risqotul Adidatul Izzah dan Sinta Aprilia Wahyuningsih.

Ketua tim PkM, Wahyu Puspitasari SE MM mengatakan, kegiatan ini memberikan pengetahuan terkait pengertian Penyakit Sarcopenia, bahaya yang disebabkan oleh Sarcopenia, bagaimana cara mencegah penyakit tersebut, memberikan edukasi atau latihan dasar untuk mencegah penyakit tersebut kepada masyarakat.

“Kegiatan ini bukan hanya membidik satu ilmu pengetahuan terkait kesehatan saja, melainkan kami juga mengkolaborasikan ilmu manajemen, perbaikan gizi untuk supaya mencegah terjadinya penyakit Sarcopenia,” katanya.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga mendatangkan narasumber Dosen Fakultas Ekonomi USM yang menguasai terkait gizi, Dr Wyati Saddewisasi SE MSi.

“Kami tak henti-hentinya mengucap rasa syukur yang amat dalam kepada Allah SWT atas selesai kegiatan ini dengan sukses tanpa adanya kendala, kami mengucapkan rasa terima kasih kami kepada Ibu Niken Nugraheni selaku Ibu Lurah dan Ibu Sudaryati Sarwi selaku Ketua Lansia Kelurahan Gayamsari dan yang telah mengijinkan kami serta mengajak warga golongan usia dewasa hingga lansia untuk mau mengikuti dan berpatisipasi dalam kegiatan ini,” ujar Wahyu.

“Saat acara berlangsung tim kami melihat warga di Kelurahan Gayamsari sangat antusias untuk mengikuti acara ini, bahkan mereka ikut aktif dan bersemangat dalam berpartisipasi terkait kegiatan PKM ini dari awal jam 06.00 sampai selesai acara 08.15. Menurut mereka waktu pelaksanaan kegiatan sangat kurang, karena mereka sangat senang sekali mengikuti acara ini, alasan mereka tema sangat menarik, kegiatan tidak membosankan, maka jika ada kegiatan seperti ini lagi yang diadakan oleh USM mereka akan mengikutinya,” jelasnya.

Muhaimin