blank
Bima Sakti. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bima Sakti ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia U17, yang dipersiapkan untuk mengikuti Piala Dunia U17 2023 di Indonesia. Piala Dunia U17 sendiri akan diselenggarakan pada 10 November-2 Desember 2023.

Piala Dunia U17 adalah kompetisi sepak bola yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali, dengan 24 negara yang bersaing untuk memperebutkan gelar. Sejauh ini, telah ada 20 negara yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia U17.

Seperti dikutip dari laman PSSI, akhir pekan lalu, empat tiket tersisa, masih akan diperebutkan wakil Asia, melalui kompetisi Piala Asia U17 di Bangkok, Thailand.

BACA JUGA: Piala Dunia U17 2023 Jadi Bukti Kepercayaan FIFA pada Indonesia

blank
Timnas Indonesia U17. Foto: pssi

”Pada Juli dan Agustus, kita akan seleksi pemain yang akan masuk Tim U17. Setelah itu, akan kita kirim ke luar negeri, untuk menjalani pemusatan latihan, sekaligus melakukan uji coba dengan negara-negara Eropa, Asia, Afrika, dan lain-lain. Tujuannya, agar mereka tidak kaget kalau nanti melawan tim-tim tangguh,” kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Dia juga memastikan, Bima Sakti nanti akan didampingi tim pelatih. Siapa-siapa tim pelatihnya, nanti akan dibicarakan dalam rapat Exco PSSI.

Diharapkannya, Piala Dunia U17 nanti akan berjalan lancar, meskipun saat turnamen digelar sudah dimulai kampanye untuk Pemilu 2024.

”Kita harus mulai membiasakan diri, dan tidak mencampuradukkan antara olahraga dan politik. Toh pada bulan itu Liga 1 juga sudah berjalan, meskipun kapasitasnya hanya 50 persen,” imbuh Erick.

Riyan