blank
Ketum PSSI, Erick Thohir (tengah), didampingi dua Wakilnya, Zainuddin Amali dan Ratu Tisha, saat menggelar jumpa pers terkait dengan penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023 di Indonesia. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan, keputusan FIFA yang memutuskan Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U17 2023, menjadi bukti kepercayaan FIFA dan dunia sepak bola internasional, terhadap pemerintah Indonesia, khususnya di bawah kepemimpinan Presiden RI, Joko Widodo.

”Keputusan FIFA tidak hanya wajib kita rayakan, tapi justru harus kita perjuangkan. Perjuangan dalam arti, ini merupakan kesempatan untuk Indonesia, rumah dan panggung kita untuk Garuda Muda bisa mendunia,” ujar Erick, saat konferensi pers terkait FIFA U17 World Cup, di Jakarta, Sabtu (24/6/2023) lalu.

Dikatakan dia, Jokowi sejak awal terus memonitor transformasi sepak bola Indonesia, baik dari segi perbaikan infrastruktur, hingga tata kelola kompetisi.

BACA JUGA: Jelang Idul Adha, Kementan Turunkan Tim Pemantau Pastikan Hewan Kurban Sehat

Erick menilai, keberpihakan Jokowi menjadi pendorong bagi PSSI untuk bisa melakukan perubahan dalam ekosistem sepak bola Nasional. Hal ini juga menjadi bukti, FIFA mengapresiasi komitmen nyata pemerintah dan Presiden Jokowi, yang begitu serius membenahi tata kelola sepak bola.

”Presiden terus memantau progres transformasi sepak bola kita. PSSI dan seluruh stakeholder sepak bola Nasional harus mampu membayar kepercayaan dan dukungan presiden,” ucap Erick.

Dia menilai, kepercayaan FIFA hingga akhirnya menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U17, tak lepas dari upaya konkret perbaikan sepak bola Indonesia.

BACA JUGA: Ikut Rayakan Ultah Warga di Kampung, Capres Ini Diidamkan Warga Jakarta  

Dicontohkannya, dukungan nyata Jokowi membuat Indonesia mampu memperbaiki sarana-sarana stadion yang lolos uji kelayakan FIFA. Selain itu juga, dengan keberhasilan Indonesia dalam melangsungkan FIFA Matchday melawan Argentina.

Bismillah, semoga kita dapat membayar dan menjaga kepercayaan dari Presiden Jokowi dan FIFA, untuk mampu menggelar ajang Piala Dunia U17 dengan lancar dan berkesan,” kata Erick.

Riyan