Masyarakat di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, bersukaria menyajikan hiburan tradisional musik lesung, saat menyambut kedatangan Bupati Indrata Nur Bayu Aji yang melakukan groundbreaking dimulainya pembangunan jalan hotmix.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji, Kamis (22/6), melakukan ground breaking untuk menandai dimulainya pembangunan infrastruktur jalan di ruas Cemeng-Widoro, dengan konstruksi lapis aspal hotmix.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, pekerjaan pengaspalan hotmix tersebut, melewati lima desa di Kecamatan Donorojo. Yakni Desa Gendaran, Cemeng, Gedompol, Klepu dan Desa Widoro.

”Alhamdulillah, ini menjadi salah satu visi kami menyediakan akses di daerah perbatasan. Dan kita bersyukur hari ini di Donorojo bisa terwujud,” ungkap Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan).

Pengaspalan jalan di jalur Cemeng-Widoro tersebut, merupakan bukti keseriusan komitmen pemerintahan Bupati Indrata Nur Bayu Aji, dalam mewujudkan pemerataan pembangunan. Utamanya prasarana infrastruktur jalan akses hubungan darat terutama di wilayah perbatasan.

Ruas jalan Cemeng-Widoro itu, memiliki panjang 12 kilometer (KM) dan lebar 3 Meter (M), dengan nilai anggaran mencapai sekitar Rp 12 miliar. Dengan hadirnya prasarana infrastruktur jalan yang memadai, Bupati berharap, itu bisa pula meningkatkan perekonomian masyarakat.

”Pesen kula (pesan saya), mari dari mulai proses pembangunan sampai selesai, pekerjaan ini kita dukung bersama, dan kalau sudah jadi jangan dipakai kebut-kebutan (balapan),” tandas Bupati.

Ditambahkan oleh Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, perhatian pemerintahan Bupati Indrata Nur Bayuaji terhadap ketersediaan infrastruktur di Kecamatan Donorojo, tahun ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Pacitan, Suparlan, kegiatan pembangunan Tahun 2022 di Kecamatan Donorojo dengan nilai Rp 6,7 miliar. Tahun 2023 ini, naik menjadi Rp15 miliar. Pembangunan itu meliputi pekerjaan di bidang Bina Marga, SDA, kesehatan lingkungan dan tata ruang.
Bambang Pur