SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Semarang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jungle Rescue bagi Forum Koordinasi Pencarian dan Pertolongan (FKP3) wilayah pantura Barat Kabupaten Pekalongan, Pemalang dan Tegal.

Kegiatan Bimtek diselenggarakan selama 3 hari mulai Sabtu hingga Senin (17-19 Juni 2023) yang berlangsung di objek wisata Guci Kabupaten Tegal yang diikuti 48 peserta, dengan instruktur 6 orang dari Basarnas Semarang dan 1 dari Organisasi Amatir Radio Republik Indonesia (ORARI).

“Kegiatan Bimtek bertujuan memberikan kompetensi bidang Search dan Rescue di gunung dan hutan. Diharapkan pelaksanaan operasi SAR satu pola sikap, dan satu pola tindak, antara Basarnas dengan potensi SAR,” ungkap Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, Selasa (20/6/2023).

Diketahui, Gunung Slamet merupakan salah satu destinasi wisata, khususnya wisata naik gunung (muncak) bagi para pendaki. Dengan Bimtek ini diharapkan dapat menambah kesiapan apabila terjadi keadaan darurat.

Dalam Bimtek sendiri, ada beberapa materi pengetahuan yang diberikan, diantaranya navigasi darat, komunikasi lapangan, manajemen posko, explorer SAR, penggunaan GPS, slove evacuation, tandu darurat dan simulasi pencarian dan pertolongan

Heru berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi peserta dan masyarakat yang membutuhkan.

Ning S