Jemaah calon haji tengah antre memasuki gedung Muzdhalifah Asrama Haji Donohudan untuk selanjutnya di berangkatkan ke tanah suci. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo (SOC) mendistribusikan 30.994 koli air Zamzam di antara 34.964 koli yang diterimanya ke  kabupaten/ kota  di Jawa Tengah dan DIY pengirim calon haji tahun 2023.

Melalui pendistribusian yang berlangsung diharapkan mempermudah panitia derah menyerahkan ke jemaah haji bilamana telah kembali ke tanah air.

Menurut PPIH Embarkasi SOC Gentur Rahma Indriyadi, Senin (19/6) menyatakan, air Zamzam yang didistribusikan  diterima langsung dari pihak Garuda. Maskapai penerbangan disebut terakhir ini mengangkut secara khusus air Zamzam dari Arab Saudi ke Indonesia.

Perlu disampaikan Air Zamzam merupakan hak jemaah haji. Khusus  pemerintah Indonesia menjamin jemaah yang menunaikan ibadah haji ke tanah suci sekembalinya ke tanah air mendapatkan lima liter air Zamzam.

Sehingga diharapkan Jemaah haji Indonesia tidak perlu lagi membawa air zam zam di tas, koper maupun bagasi bila kembali ke tanah air.  Karena tindakan demikian  akan merepotkan diri sendiri manakala menjalani pemeriksaan imigrasi dan beacukai  Arab Saudi.

“Cukup lima liter yang disediakan pemerintah bisa cukup untuk kepentingan keluarga. Penyerahannya berlangsung di daerah ketika keluarga menjemput  di pendopo pemerintah setempat,” jelasnya.

Bertambah

Pada bagian lain keterangannya Humas PPIH Embarkasi SOC menambahkan, hingga 19 Juni 2023 sebanyak 32.219 jemaah calhaj telah masuk ke embarkasi SOC.

Pekerja tengah mengusung dan memasukan air Zamzam ke dalam truk pengangkut yang akan mendistribusikan ke PPIH di daerah Kabupaten Kota se Jateng dan DIY. Foto: Bagus AdjiAdapun calon haji yang sudah diberangkatkan menuju tanah suci  sebanyak 30.805 jemaah yang tergabung dalam 85 kloter.

Calon haji yang sakit di Arab Saudi sebanyak 36 jemaah  dengan rincian 35 orang dirawat di Makkah dan seorang di Madinah. Sedangkan yang menderita sakit di Embarkasi SOC mencapai enam jemaah.

“Mengenai jemaah wafat tercatat 14 orang dengan rincian meninggal di Arab Saudi 12 orang, wafat di pesawat dan embarkasi SOC masing masing seorang calhaj,” terangnya.

Bagus Adji