blank
Salah satu momen pemain Indonesia, yang berupaya menjebol gawang Argentina yang dijaga Emiliano Martinez. Foto: pssi

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengapresiasi mental para pemainnya, saat melawan Argentina pada laga FIFA Matchday, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Meski hasilnya Timnas Indonesia kalah dengan skor 0-2, oleh gol Leandro Paredes menit 38 dan Cristian Romero (55), namun Shin Tae-yong tetap bangga, karena Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan, mampu memberikan perlawanan sengit.

Setidaknya ada dua momen, ketika Timnas Indonesia memberikan ancaman ke gawang Argentina. Pertama lewat sambaran Ivan Jenner, yang ditepis Emiliano Martinez.

blank
Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers usai laga Timnas Indonesia vs Argentina. Foto: pssi

BACA JUGA: Predikat Gold Winner Kehumasan Terbaik Ajang The 1st Indonesia GPR Awards 2023 untuk Semen Gresik

Kiper Aston Villa itu kembali melakukan penyelamatan di awal babak kedua. Sundulan Elkan Baggott, memanfaatkan lemparan jarak jauh Pratama Arhan, digagalkan Martinez sambil menjatuhkan badan.

Pada sisi lain, lini belakang Timnas Indonesia tampil sangat solid. Elkan Baggott dan Rizky Ridho yang bertugas sebagai bek tengah, mampu menahan gempuran serangan dari Argentina.

Asnawi Mangkualam, Shayne Pattynama, dan Pratama Arhan yang berada di kedua sisi sayap Timnas Indonesia, juga berjibaku menghalau setiap upaya serangan yang dilakukan Julian Alvarez dkk.

BACA JUGA: DKV ISI Surakarta Gelar Kampanye Sosial, Tema Kerja Keras Kenal Batas

”Argentina memiliki permainan yang sangat baik. Tetapi secara mental, para pemain Timnas Indonesia tidak kalah jauh,” kata Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers, seperti dikutip dari laman PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu berharap, pengalaman bertanding dengan Argentina itu dapat menjadi bekal yang baik untuk Timnas Indonesia ke depannya. Skuad Garuda ditunggu dua agenda penting, yaitu babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Oktober nanti, dan putaran final Piala Asia 2023 di Qatar, yang dilangsungkan pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

”Dengan pengalaman seperti ini, bagus sekali sebagai motivasi bagi pemain ke depannya untuk berkembang. Saya mengucapkan terima kasih untuk PSSI, karena sudah mengundang Argentina,” tutur mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

blank
Lionel Scaloni memuji penampilan Timnas Indonesia serta suporter yang memenuhi stadion. Foto: pssi

BACA JUGA: Pergunu Jepara Gelar Diklat Penelitian Tindakan Kelas

Sementara itu, pelatih Argentina, Lionel Scaloni, juga memuji permainan tuan rumah, termasuk dukungan para suporternya.

”Sungguh tidak mudah bagi kami saat bertanding melawan Indonesia. Lanjutkan permainan baik itu. Saya juga mengapresiasi dukungan para suporter Indonesia,” puji Scaloni.

Riyan