Kapolres Klaten AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H.dan Ketua Bhayangkari Cabang Klaten Ny. Vava Warsono menunjukkan kantung darah yang disumbangkan usai menjadi pendonor dalam kegiatan Bhakti Kesehatan Donor Darah dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77 di Mapolres setempat, Kamis (15/6). Foto: Polres Klaten

KLATEN (SUARABARU.ID) – Polres Klaten menggelar Bhakti Kesehatan Donor Darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77.

Kegiatan  diikuti anggota Polres, TNI Kodim 0723/ Klaten dan Bhayangkari Cabang Klaten berhasil mengumpulkan darah berbagai golongan dari 95 pendonor.

Nampak hadir dalam kegiatan Kapolres Klaten AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H.dan Ketua Bhayangkari Cabang Klaten Ny. Vava Warsono yang juga mengikuti donor darah.

“Melalui kegiatan ini, kami tidak hanya memperingati HUT Bhayangkara ke-77, tetapi juga menyadarkan masyarakat akan pentingnya kepedulian terhadap sesama melalui aksi nyata seperti donor darah. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi mereka yang membutuhkan darah”, kata Kapolres Klaten AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H melalui Kasihumas Iptu Abdillah SH MH di sela kegiatan, Kamis (15/6/2023).

Sebanyak 113 peserta, lanjut Iptu Abdillah, hadir dalam kegiatan Bhakti Kesehatan Donor Darah ini. Dari jumlah tersebut hanya 95 orang berhasil melakukan donor darah.

Sedangkan 18 calon pendonor lainnya tidak dapat melanjutkan proses donor dikarenakan beberapa alasan. Diantaranya disebabkan  hipertensi, kadar hemoglobin yang tinggi, mengonsumsi obat dalam 24 jam terakhir.

Atau pendonor sudah mendonorkan darahnya dalam waktu kurang dari dua bulan, serta melakukan vaksinasi dalam kurun waktu kurang dari 14 hari.

Rangkaian kegiatan bakti sosial memperingati Hari Bhayangkara ke-77 masih akan berlanjut. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya Bakti Religi membersihkan tempat ibadah, Baksos air bersih serta mengunjungi orang sakit.

”Untuk pelaksanaan donor darah hari ini berhasil mengumpulkan 95 kantong darah. Rinciannya yakni 19 m kantong golongan darah A, 22 kantong golongan darah B dan 46 kantong golongan darah O serta golongan darah AB sebanyak delapan kantong”, terang Kasi Humas Polres Klaten.

Bagus Adji