Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi bersama FKUB Jateng berfoto bersama usai kegiatan Doa Bersama Lintas Agama. Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Doa Bersama Lintas Agama dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-77 tahun 2023 dilaksanakan di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Kamis (15/6/2023).

Dalam kegiatan Doa Bersama Lintas Agama tersebut dihadirkan penceramah, yakni Habib Umar bin Ahmad Muthohar dari Gunungpati Kota Semarang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, seluruh tokoh agama lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng, para Pejabat Utama Polda Jateng, anggota Bhayangkari dan personil Polda Jateng.

Pada kesempatan tersebut, dari masing-masing tokoh agama baik agama Islam, Khonghucu, Hindu, Budha, Kristen maupun Katolik secara bergantian memberikan doa untuk Polri, khususnya Polda Jawa Tengah.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyampaikan, kegiatan doa bersama ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77, pada 1 Juli 2023 mendatang.

“Doa bersama dari para tokoh agama ini untuk memberikan kontribusi bahwa Polri khususnya Polda Jateng untuk memberikan jaminan keamanan khususnya dalam Pemilu 2024 mandatang,” ungkap Luthfi.

“Doa tersebut untuk memberikan kesejukan dan ketenangan kepada anggota Polri supaya diberi kelancaran menjalankan tugasnya dalam persiapan Pemilu mendatang,” terangnya.

Sementara itu Ketua FKUB Jateng, Taslim Syahlan menyampaikan, dari FKUB dilibatkan untuk bersama-sama mendoakan khususnya Polri dan umumnya untuk bangsa Indonesia agar ke depan semakin kondusif.

“Baik Romo, Pendeta dan lainya semua berdoa untuk Polda Jateng dan lapisan masyarakat, khususnya menjelang tahun politik, agar Jawa Tengah selalu kondusif dan harmonis,” tuturnya.

Menurutnya, berbarengan dengan HUT ke-77 ini (usia yang matang dan dewasa) para tokoh agama mendoakan supaya peran kepolisian, presisinya semakin bagus dalam menjaga keamanan di wilayah Jawa Tengah.

“Jika kepolisian dan tokoh agama bertemu (keamanan dan keimanan bertemu) akan makin solid, maka Jawa Tengah akan kondusif,” tandasnya.

“Jelang tahun politik ini, kegiatan-kegiatan rutin sudah kita lakukan sejak dua pekan lalu, diantaranya melakukan penguatan-penguatan kerukunan umat, jadi secara internal solid, antar umat beragama juga solid,” pungkasnya.

Ning S