blank
Medali Emas pada Event APG di Kamboja yang saat ini masih berlangsung

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dunia olahraga Indonesia kembali dihebohkan oleh salah satu atletnya yang telah mengukir prestasi gemilang di panggung dunia. Subhan, atlet parabadminton berusia 29 tahun, berhasil menyabet gelar juara dunia dalam cabang olahraga parabadminton.

Dengan dedikasi dan kemampuan luar biasa, Subhan telah meraih sejumlah prestasi mengesankan sepanjang kariernya, dan kini ia memendam harapan besar untuk berlaga di Paralimpic Paris 2024.

blank
Bersama Ayah dan Ibunya saat Asean Paragames (APG) Solo tahun 2022

Subhan, yang beralamat di Desa Wedelan Mboto Sari RT 02 RW 06 Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, lahir pada tanggal 6 Mei 1994. Ia adalah seorang atlet parabadminton yang telah menorehkan banyak prestasi di level internasional. Dengan keahlian yang luar biasa di kelas SH6, Subhan telah meraih kemenangan gemilang dalam nomor Single Putra, Ganda Putra, dan Ganda Campuran.

Perjalanan prestasi Subhan dimulai saat ia berhasil meraih dua medali emas dalam event Dubai Champion 2021, yakni dari nomor Ganda Campuran dan Ganda Putra, serta satu medali perak dari nomor Single Putra.

blank
Penyerahan medali di Thailand pada event Thailand Champion tahun 2023

Prestasi Subhan semakin menanjak pada event ASEAN Para Games (APG) SOLO tahun 2022, di mana ia mempersembahkan dua medali emas dari nomor Single Putra dan Ganda Campuran. Keberhasilannya tidak berhenti di situ, karena pada kejuaraan dunia Word Champions di Jepang pada tahun yang sama, Subhan berhasil meraih medali emas dari nomor Ganda Campuran.

Kesuksesan Subhan juga terbukti dalam Indonesia Open 2022, di mana ia berhasil menyumbangkan tiga medali emas dari nomor Single Putra, Ganda Putra, dan Ganda Campuran.

blank
Penerimaan medali emas pada Asean Para Games Solo tahun 2022

Tahun 2023 menjadi tahun yang penuh kemenangan bagi Subhan. Ia berhasil meraih dua medali emas dalam event Spain Champion yang diadakan di Spanyol dari nomor Ganda Campuran dan Single Putra. Pada Thailand Champion tahun yang sama, Subhan kembali menambah satu medali emas dari nomor Ganda Campuran.

Saat ini, dalam kejuaraan tertinggi di tingkat Asia Tenggara, yaitu APG Kamboja 2023, Subhan kembali mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih dua medali emas dari nomor Ganda Putra dan Ganda Campuran, serta satu medali perak dari nomor Single Putra.

blank
Bersama pelatih Atlit Parabadminton Indonesia

Subhan, dengan segala pencapaian yang telah diraihnya, bercita-cita untuk berlaga dalam kejuaraan multi-olahraga internasional terbesar, Paralimpic Paris 2024 yang akan diselenggarakan di Prancis. Ia berharap pemerintah dapat memberikan perhatian dan dukungan yang lebih besar kepada atlet parabadminton, termasuk mereka yang memiliki disabilitas, guna semakin memotivasi dirinya dan atlet lainnya untuk tampil dan meraih sukses di event prestisius tersebut.

blank
Penyerahan medali emas dari Pemerintah Dubai pada event Dubai CHAMPION tahun 2021

Asrori, Ketua NPCI Kabupaten Jepara, mengungkapkan rasa bangga dan syukur atas pencapaian gemilang yang telah ditorehkan oleh Subhan. Ia juga berharap pemerintah dapat memberikan perhatian yang lebih besar kepada para atlet paralimpik, sehingga dapat menciptakan kesetaraan dan memotivasi generasi muda untuk menjadikan olahraga sebagai gaya hidup yang sehat dan berprestasi.

blank
Saat penerimaan medali emas pada Spain Champions di Spanyol
Tahun 2023

“Kami merasa sungguh bersyukur dan bangga atas pencapaian para atlet kami, termasuk Subhan. Kami berharap pemerintah kabupaten Jepara dapat memberikan penghargaan yang setara dengan atlet non-disabilitas. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan kesetaraan dan memberikan motivasi kepada atlet-atlet kita,” ujar Asrori.

blank
Meraih 3 medali emas saat Indonesia Open tahun 2022 di Yogyakarta

Subhan telah membuktikan bahwa kelemahan fisik tidak dapat menghalangi seseorang untuk meraih prestasi gemilang dalam dunia olahraga. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, ia menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tidak menyerah dalam menghadapi tantangan hidup. Semoga Subhan terus meraih kesuksesan dan mewujudkan impian untuk berlaga di Paralimpic Paris 2024.

Hadepe – Asrori