blank
H. Nur Khandir tukar menukar souvenir dengan Kepala Produksi Kaos Gareng Jogja

JEPARA (SUARABARU.ID|) – Sebanyak 95 siswa-siswi MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan Jepara mengikuti program kunjungan ke pabrik pembuatan kaos Gareng Jogja pada hari Kamis, 8 Juni 2023. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk studi tour dan visit industri ini bertujuan untuk membekali skill siswa-siswi MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan.

Bertindak sebagai pimpinan rombongan adalah H. Nur Khandir, Kepala MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan didampingi beberapa guru pembimbing yaitu Ulil Absor, Fathur Rahman, Zain Haidar, Arwani Asfiya, dan M. Damar Utomo.

blank
Tutorial pembuatan kaos Gareng Jogja

” Program visit industri ini merupakan program pembekalan skill untuk siswa-siswi MA NU Nahdlatul Fata yang telah purna belajar,” tutur Ulil Absor, Waka. Kesiswaan MA NU Nahdlatul Fata Petekeyan.

Ulil juga menambahkan bahwa MA NU Nahdlatul Fata juga mencanangkan program magang di kantor-kantor pemerintah desa dan lembaga-lembaga ekonomi di sekitar Kecamatan Tahunan. ” Kami berharap Siswa-siswi yang telah lulus memiliki keterampilan dan skill sebagai implementasi teori yang dipelajari di bangku pendidikan,” sambung Ulil.

blank
Pembimbing tunjukkan hasil karya

Program lain yang telah dilaksanakan adalah program Pramuka Mengabdi, sebuah kegiatan pendampingan latihan pramuka dari siswa-siswi MA NU Nahdlatul Fata kepada Pramuka siaga di berbagai gugus depan di sekitar Kecamatan Tahunan.

Acara kunjungan ke pabrik produksi kaos Gareng Jogja dilaksanakan dengan mengendarai kereta mobil yang telah disiapkan. Rombongan menuju tempat produksi. Sampainya di lokasi, siswa-siswi dipandu oleh guide melihat berbagai tahapan-tahapan produksi, mulai pemilihan serat, pemintalan benang, proses pencelupan kain serta teknik bordir dan sablon menggunakan mesin.

blank
Peserta visit industri didampingi guru pembimbing

Setelah itu proses packaging dan juga strategi pemasaran juga disampaikan. Siswa-siswi juga dikenalkan bagaimana mem-branding sebuah produk dan mem-blow up supaya khalayak luas tahu.

“Dari sini kami tahu, ternyata tidak mudah seperti yang kita bayangkan, tahapan yang panjang, tentu dibarengi niat yang kuat, komitmen dan juga managerial yang bagus dalam menjalankan sebuah industri besar,” ujar Intan, salah satu peserta studi tour dan visit industri.

Hadepe- Sub/AA