Ganda Taruna Putra PB Djarum, Emanuel Joseph Surya Hartono/Muhammad Voyage, saat bertanding di babak 32 besar Polytron Walikota Cup Solo 2023, Rabu (7/6/2023), di Sritex Arena, Solo. Joseph/Voyage menang straight games 21-12, 21-14 atas Habsyi Zharif Ramadhan/Wesly Iwanto (Champion Klaten). Foto: pbdjarum

SOLO (SUARABARU.ID)– Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf mengatakan, event Polytron Walikota Cup Solo 2023 ini, tidak hanya untuk mengasah kemampuan dan teknik para pebulutangkis saja. Kejuaraan yang berlangsung Senin-Sabtu (5-10/6/2023) ini, juga menjadi tempat perburuan poin, demi menaikkan peringkat di level nasional.

Dia menyebut, event ini amat berarti, agar para atlet bisa mengikuti Seleksi Nasional (Seleknas), sebagai pintu gerbang utama untuk bisa bergabung di Pelatnas PBSI.

”Peringkat poin dari kejuaraan ini, serta beberapa kejuaraan yang diselenggarakan PP PBSI, akan diakumulasi. Dengan harapan, di antara mereka dapat mengikuti ajang Seleknas yang biasanya digelar akhir tahun di Cipayung,” jelas Basri dalam keterangannya di Solo, Rabu (7/6/2023).

BACA JUGA: Walikota Tegal Resmikan Kantor Kecamatan Tegal Selatan

Dia juga menyampaikan apresiasinya kepada Pengurus Pusat PBSI, yang telah menerima usulan Pengprov PBSI Jateng, agar Polytron Walikota Cup Solo 2023, mendapatkan peringkat poin.

”Dari empat turnamen yang kami usulkan, yaitu Superliga, Polytron Walikota Cup Solo, Piala Gubernur, serta Junior Masters, yang akhirnya diluluskan Polytron Walikota Cup Solo dan Piala Gubernur, yang akan diselenggarakan beberapa bulan lagi,” imbuhnya.

Dan demi meraih hasil maksimal dalam Polytron Walikota Cup Solo 2023, beberapa klub menerjunkan banyak pemainnya di ajang dengan total hadiah Rp 600 juta ini. Salah satunya PB Djarum, yang menurunkan para atlet di 26 kategori yang digelar.

BACA JUGA: Pelaku UMKM di Kawista Adiwarno Dilatih Digital Marketing

Pelatih PB Djarum, Lukman Hakim pun berpesan pada enam pasang pemain ganda yang diboyongnya ke Kota Solo ini, untuk tampil maksimal.

”Khusus ganda putra, harus juara. Regenerasi kita bagus di ganda putra, baik di pelatnas banyak yang dari PB Djarum. Dan kita selalu ditargetkan untuk mendapatkan juara,” tegas pria asal Blora ini.

Dengan beban target naik podium teratas, Lukman menilai banyak lawan berat, semisal ganda putra PB Power Rajawali Tangerang. Namun PB Djarum memiliki unggulan pertama
yang juga juara bertahan, Emanuel Joseph Surya Hartono/Muhammad Voyage Afrisal Mahendra.

Pasangan ini pernah menjuarai Pathumthani Junior International Series 2022, di Thailand. Lukman pun berharap, Joseph/Voyage dapat mengulangi prestasi setahun lalu itu, guna memuluskan langkah mereka dalam perolehan poin menuju seleknas di
pengujung tahun ini.

Riyan