blank
Babinsa Serka Larto (kanan) dari Koramil-10 Wuryantoro Kodim 0728 Wonogiri, memberikan pendampingan dalam pelayanan kesehatan PTM di Posbindu.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk mendeteksi Penyakit Tidak Menular (PTM), petugas medis melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat melalui Pos Binaan Terpadu (Posbindu). Ini sebagaimana pelayanan pemeriksaan kesehatan yang digelar di Balai Lingkungan Pudak, Kelurahan Wuryantoro, Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Di Posbindu PTM tersebut, petugas medis memberikan pelayanan bagi masyarakat dari dua lingkungan. Yakni masyarakat Lingkungan Pudak dan warga dari Lingkungan Salam Sari.

Posbindu PTM adalah Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular, yang memberikan pelayanan untuk melakukan skrining faktor resiko PTM, melalui penimbangan Berat Badan (BB), pengukuran Tinggi Badan (TB), pengukuran lingkar perut.

Melalui Posbindu PTM, dilakukan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi. Itu dilakukan melakukan pelayanan pengecekan tensi tekanan darah, dan cek laboratorium sederhana untuk mendeteksi kadar gula darah, kolesterol dan asam urat.

Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, mengabarkan, personel Babinsa ikut berperan memberikan pendampingan jalannya kegiatan yang dilakukan di Posbindu di wilayah binaannya.

Itu seperti dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Wuryantoro, Serka Larto, yang melakukan pendampingan pelaksanaan kegiatan Posbindu PTM di Balai Lingkungan Pudak. Teknis pemberian pelayanan pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Wuryantoro bersama Bidan Desa, Sumarni.

Kepada warga masyarakat yang datang ke Posbindu PTM, diberikan pula penyuluhan dan pembinaan tentang pentingnya membudayakan hidup sehat dalam pencegahan PTM. Seperti menjaga pola makan, mengendalikan berat badan untuk menghindari obesitas, menghindari stres dan menghindarkan pemicu hiperkolesterol.

Petugas medis di Posbindu juga memberikan pelayanan konseling bagi yang memerlukan, serta dapat memberikan rujukan bagi yang memerlukan. Utamanya untuk kepentingan pemeriksaan lanjut ke jenjang fasilitas kesehatan.

Bambang Pur