blank
Wawancara langsung Pencari kerja dengan perusahaan,  dalam 'Job Fair 2023' Gampang Golek Gawean, selama dua hari hingga Rabu, 7 Juni 2023, di GOR Mustika Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora. 

BLORA (SUARABARU.ID) —  Rangkaian Ulang Tahun ke-2 Mall Pelayanan Publik (MPP) Blora,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora gelar acara bertajuk ‘Blora Pro Investasi’ menghadirkan 31 gerai layanan masyarakat dan ‘Job Fair 2023’ Gampang Golek Gawean, selama dua hari yakni Selasa, 6 Juni hingga Rabu, 7 Juni 2023.

Pelaksanaan Job Fair 2023, yang digelar Pemkab Blora pada stan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Blora, di GOR Mustika Blora, hari pertama Selasa 6 Juni 2023, ramai didatangi  para pencari kerja yang mayoritas masih berusia muda.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora, Endro Budi Darmawan SE., M.Si., menyampaikan bahwa dijadwalkan, ‘Job Fair’ Perusahaan digelar hingga Rabu 7 Juni 2023 menyediakan ribuan lowongan pekerjaan bagi para pencari kerja. Di hari pertama saja, suasana bursa kerja nampak antre, dimana banyak pencari kerja yang mencari informasi pekerjaan pada  perusahaan yang sesuai.

“Beberapa di antaranya warga Blora dan sekitarnya, ada pencari kerja yang sudah mendaftar, bahkan ada yang sudah wawancara di tempat,” ucap Endro Budi Darmawan.

“Melalui bursa kerja ini, adik-adik pencari kerja bisa memperoleh informasi dan mendaftar pekerjaan yang diinginkan sesuai dengan minat dan bakat. Ini dirasa sangat efektif. Ada juga beberapa perusahaan yang ketika pencari kerja sudah daftar itu langsung wawancara di tempat,” jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora, di area Bursa Kerja. Rabu,  (7/6/2023).

Endro Budi Darmawan  mengungkapkan, bahwa setidaknya ada 25 perusahaan baik nasional maupun multinasional dengan menyediakan sekitar enam ribu (6000)  lowongan, yang ada di bursa kerja ini.

Pihaknya berharap agar bursa kerja ini bisa diselenggarakan setiap tahunnya, sehingga semakin banyak tenaga kerja dari wilayah Blora yang terserap.

“Adanya bursa kerja ini ternyata sangat efektif sekali, sehingga tiap tahun bisa kita agendakan,” imbuh Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora.

Selain dengan memfasilitasi para pencari kerja dengan job fair ini, lanjut Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora mengatakan, bahwa  Pemkab Blora juga memiliki UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) di Jalan  GOR nomor 1, Blora, yang nantinya bisa memberikan bekal ketrampilan bagi para angkatan kerja yang ada di Kabupaten Blora.

Serap Tenaga Kerja

Di BLK, setidaknya ada sembilan kejuruan pelatihan, mulai dari tata boga, rias pengantin, rias kecantikan, batik, bordir, menjahit, desain grafis, servis sepeda motor, dan teknisi las.

“Kalau pelatihan BLK ada sembilan jurusan, nanti bisa daftar pelatihan di BLK kita tampung kita seleksi.  Pelatihan di BLK adalah  pelatihan kompetensi. Setelah lulus ada uji kompetensi dari BSNP, kita juga berikan fasilitas secara gratis,” ungkap  Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora.

blank
Stan Dinperinaker  Kabupaten Blora, hari pertama Selasa 6 Juni 2023, ramai didatangi  para pencari kerja dalam ‘Job Fair 2023’ Gampang Golek Gawean, selama dua hari hingga Rabu, 7 Juni 2023, di GOR Mustika Blora. Foto: Kudnadi Saputro Blora

Bupati Blora, H. Arief Rohman, S,IP, M.Si yang hadir dalam pembukaan bursa kerja tersebut menyambut baik kegiatan bursa kerja itu. Diharapkan dengan adanya bursa itu akan semakin banyak masyarakat Blora yang terserap di dunia kerja.

“Di gelaran  job fair ini, banyak perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan, maka momen ini agar bisa dimanfaatkan dengan baik,” kata Bupati Blora.

Sejumlah warga yang datang ke Job Fair Perusahaan mengaku banyak manfaat dengan adanya bursa kerja itu. Reiza (18), perempuan asal Kecamatan Tunjungan,  mengaku sengaja datang ke bursa kerja untuk mencari informasi pekerjaan sekaligus langsung mendaftar. Nampak beberapa berkas yang akan ia gunakan untuk melamar pekerjaan juga sudah disiapkan.

“Saya dapat info job fair ini dari instagram, ya senang karena bisa lebih mudah karena adanya job fair ini. Saya mau nyari informasi pekerjaan di bidang garmen, sudah ada target perusahaan yang mau saya lamar dan ada di bursa kerja ini. Semoga nanti hasilnya memuaskan,” ujar  Reiza sembari menata berkas fotocopy identitas dan ijasahnya, di area GOR Mustika.

Untuk diketahui, selain pelayanan MPP dan bursa kerja (Job Fair), di area GOR Mustika Blora juga disediakan gerai vaksinasi gratis bagi masyarakat Blora. Bahkan gerai tersebut nampak dipadati masyarakat yang antusias untuk mengikuti vaksinasi.

Kudnadi Saputro