blank
Sifana Dwi Maharani

JEPARA (SUARABARU.ID)- Salah satu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK 3) Kabupaten Jepara yang bernama Sifana Dwi Maharani berhasil menorehkan prestasi dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS)  tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

blank
Sifana, saat mempresentasikan produk tenun Jepara.

Gadis kelahiran Desa Mlonggo Srobyong, Kecamatan Mlonggo, Jepara 18 Desember 20024 ini berhasil menyabet Juara 1 LKS bidang lomba pemasaran daring marketing online tingkat provinsi. Sebelumnya, Sifana, panggilan akrabnya, telah melewati tahapan Juara 1 LKS Pemasaran daring tingkat Kabupaten Jepara.

Setelah melewati LKS tingkat Kabupaten Jepara, Sifana kemudian mengikuti LKS tingkat provinsi yang digelar 29-31 Mei 2023 lalu untuk mewakili Kabupaten Jepara. Didampingi dan dibimbing salah satu guru SMK 3, Nur Latifah, S. Si, Sifana bersaing dengan 30 peserta dari beberapa kabupatn di provinsi Jateng.

Dikutip dari https://smk.pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/lks peserta LKS adalah siswa-Siswi SMK Jurusan Bisnis Daring & Pemasaran terbuka. Deskripsi bidang lomba pemasaran daring dan marketing online meliputi : buyer persona, customer journey, Instagram Ads & live streaming selling.

Adapun deskripsi teknis Buyer Persona Kemampuan mengenali calon pelanggan yang cocok untuk menjadi target market produk dari Astraotoshop, Customer Journey Kemampuan membuat pola interaksi pelanggan dengan brand Astraotoshop Instagram Ads, Kemampuan mengelola periklanan berbayar menggunakan plaform media social Instagram Live, Streaming Selling, Kemampuan melakukan penjualan secara live dengan menggunakan Instagram Live.

Sifana Dwi Maharani yang saat ini kelas XII BDP2 berhasil menyingkirkan 30 peserta dengan menyabet Juara 1 LKS pemasaran daring marketing online tingkat provinsi yang meliputi: understanding sales profession, presentasi buyer persona, stand up selling, dan live streaming selling di tiktok.

Setelah berhasil juara di tingkat Jateng, Sifana akan maju ke tingkat Nasional yang rencananya akan digelar pada Oktober 2023 mendatang.

ua