blank
Ganjar mengucapkan selamat kepada Ketua DPRD Jateng yang baru, Sumanto, usai pelantikan. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyampaikan selamat atas dilantiknya Sumanto, sebagai Ketua DPRD Jateng. Dia berharap, Sumanto dapat melanjutkan kinerja Ketua DPRD sebelumnya, untuk bersama membangun Jateng.

Sumanto sendiri menggantikan Bambang Kusriyanto atau Bambang Kribo, yang telah meninggal dunia, pada April lalu. Pelantikan dan pengucapan sumpah janji Ketua DPRD dilakukan dalam rapat paripurna, di Ruang Rapat Paripurna Lantai 4, Gedung Berlian DPRD Provinsi Jateng, Senin (5/6/2023).

”Saya mengucapkan selamat kepada Pak Sumanto, sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah, untuk meneruskan almarhum Mas Bambang Kribo, hingga akhir masa jabatan pada 2024 nanti,” kata Gubernur Jateng berambut putih itu, usai menghadiri rapat paripurna.

BACA JUGA: Gandeng Siti Atikoh, Ganjar Jalan Kaki ke Puncak Acara Waisak 2567 BE

Pelantikan Sumanto sebagai Ketua DPRD Jateng, berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 100.2.1.4-1244 tahun 2023, tanggal 29 Mei 2023, tentang peresmian pengangkatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jawa Tengah.

Sebelumnya, Sumanto menjabat sebagai Ketua Komisi B DPRD Jateng. Setelah mengikuti fit and proper test di DPP PDI Perjuangan pada 13 April 2023, Sumanto diajukan DPD PDI Perjuangan menggantikan almarhum Bambang Kusriyanto. Surat pengajuan itu kemudian disetujui anggota dewan, dan dikirim ke Menteri Dalam Negeri.

Ganjar menuturkan, peran Sumanto tidak mudah. Sebab, masih banyak pekerjaan rumah dan agenda yang harus segera diselesaikan. Khususnya dalam membantu dia pada sisa masa jabatan Gubernur Jateng yang akan berakhir pada September mendatang.

blank
Sumanto mengucapkan sumpah dan janjinya saat pelantikannya sebagai Ketua DPRD Jateng. Foto: hms

BACA JUGA: Personil PPK di Wonosobo Diminta Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024

”Artinya, seperti politik anggaran yang mesti cepat beres, dan target secara bersama-sama untuk menyelesaikan tugas RPJMD kita. Sehingga ini tentu di-lap terakhir, tapi ya tidak mudah. Mudah-mudahan Mas Manto akan bisa mengemban ini dengan efektif,” tandasnya.

Sumanto dalam pidato usai pelantikan menyatakan, Ketua DPRD Jateng sebelumnya, Bambang Kusriyanto, telah melakukan banyak pembaruan di lembaga legislatif ini. Dia berharap, dapat melanjutkan tugas itu sebagai Ketua DPRD demi kemajuan Jateng.

”Tugas ini yang akan saya lakukan sepenuh hati. Ini amanah untuk merealisasikan cita-cita bersama untuk Jawa Tengah lebih maju, sejahtera, dan bermartabat,” ungkapnya.

BACA JUGA: Lindungi Masyarakat, Edy Sujatmiko: Perketat Pengawasan Penjualan Obat

Dalam melaksanakan tugas itu, Sumanto akan melibatkan semua elemen politik yang ada, untuk mencari persamaan dan kerja sama lebih harmonis. Dia juga akan mewujudkan lembaga DPRD Jateng menjadi parlemen yang modern, dengan menggunakan teknologi dalam menjaring aspirasi.

”DPRD Jawa Tengah tentu akan mendukung program Pemerintah Provinsi dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, menuju Provinsi Jateng yang semakin sejahtera dan berdikari. Apalagi Jateng sedang mendapatkan bonus demografi,” ungkapnya.

Riyan