blank
Kasat Binmas Polres Blora, AKP Lilik Widyastuti, S.H.,  memberikan pencerahan kepada masyarakat Japah,  terkait Tugas Polisi RW, di Aula Balai desa Ngrambitan, Kecamatan Japah. Kabupaten Blora. Jumat, 2 Juni 2023..  Foto: Kudnadi Saputro Blora
BLORA (SUARABARU.ID) —  Kepolisian Resor (Polres)  Blora, Polda Jawa Tengah kukuhkan tugas dan fungsi 344 Polisi RW,  Senin, 22 Mei 2023 lalu, masih banyak masyarakat yang awam perihal apa itu,
tugas polisi RW dan apa bedanya polisi RW dengan Bhabinkamtibmas,
Sebab itulah Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Blora memberikan pencerahan kepada masyarakat di Aula Balai desa Ngrambitan, Kecamatan Japah. Kabupaten Blora. Jum’at siang, 2 Juni 2023.
Kasat Binmas Polres Blora, AKP Lilik Widyastuti, S.H., menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga Harkamtibmas atau pemeliharaan keamanan, ketertiban masyarakat, maka Polri membentuk Polisi RW yang merupakan  Personel Polisi RW adalah  anggota polisi yang bertempat tingg
al di lingkungan RW atau disekitar RW masing-masing yang memiliki tugas yang sama seperti yang diemban oleh Bhabinkamtibmas.
“Polisi RW adalah Program tingkat Nasional, jadi ada dan dilaksanakan diseluruh Indonesia, dengan adanya kegiatan atau program ini diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dan bersinergi dengan polri demi situasi Kamtibmas yang kondusif,” kata AKP Lilik Widyastuti.
Tugas yang sama, lanjut Kasat Binmas, seperti yang diemban oleh Bhabinkamtibmas
namun dalam lingkup Rukun Warga (RW) dalam suatu desa / kelurahan, menampung keluh kesah masyarakat serta membantu penyelesaian masalah yang terjadi di lingkup rukun warga setempat.
“Program ini juga diharapkan dapat mengoptimalkan interaksi langsung dengan masyarakat pada tingkat RW dengan mengedepankan tindakan preemtif,” kata AKP Lilik Widyastuti.
Untuk mendapat perhatian, Polisi RW bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan Kamtibmas di lingkungan serta menemukan pemecahan masalah, juga bersama dengan masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan pre-emtif dan preventif melalui problem solving sehingga tidak menjadi masalah hukum dan atau mengganggu Kamtibmas.
Ada 344 Personel Polres yang terlibat sebagai petugas di lapangan (Polisi RW) dan juga 6 Perwira yang menjadi koordinator dan supervisor kegiatan Polisi RW termasuk 16 Kapolsek Jajaran selaku koordinator Wilayah.
(Kudnadi Saputro)
Captions:
GBR 1.  Polres Blora Sosialisasikan Tugas Polisi RW kepada masyarakat Japah,  di Aula Balai desa Ngrambitan, Kecamatan Japah. Kabupaten Blora. Jum’at, 2 Juni 2023.. Foto: Kudnadi Saputro Blora
GBR 2.
GBR 3.  Foto bareng Tokoh masyarakat Japah dengan  Kasat Binmas Polres Blora, AKP Lilik Widyastuti, S.H.,  usai pencerahan kepada masyarakat Japah,  terkait Tugas Polisi RW, di Aula Balai desa Ngrambitan, Kecamatan Japah. Kabupaten Blora. Jum’at, 2 Juni 2023.
Foto: Kudnadi Saputro Blora