Truk tangki bahan kimia dari Jakarta menuju Surabaya bernopol L 9778 UH, yang lepas kendali dan masuk ke saluran air di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo, depan halte pabrik roti Nissin, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jum'at (2/6/2023). Foto : Absa 

UNGARAN (SUARABARU.ID) – Truk tangki pengangkut bahan kimia dari Jakarta menuju Surabaya lepas kendali dan ngglondor (jalan tak terkendali) masuk ke saluran air di pinggir Jalan Raya Semarang-Solo, depan halte pabrik roti Nissin, Ungaran, Kabupaten Semarang, Jumat (2/6/2023).

Truk bernomor polisi L 9778 UH tersebut, menurut pengemudi Yopy Kuncoro (63), warga Mojokerto, Jawa Timur itu awalnya diparkirkan di Jalan Raya Semarang-Solo, depan halte pabrik roti Nissin Ungaran, Kabupaten Semarang sejak subuh kisaran pukul 05.00 WIB, karena ditinggal tidur oleh pengemudinya.

“Pagi tadi Saya tinggal tidur dan truk sudah saya hand rem. Tapi nggak tahu kok tiba-tiba lepas kendali dan mundur sendiri, tahu-tahu sudah masuk kali (saluran air),” jelasnya di lokasi kejadian.

Truk tangki pengangkut bahan kimia (soda), lanjut Kuncoro, satu bulan berada di Jakarta dan berangkat ke Surabaya Rabu (31/5/2023) malam. Karena Kuncoro merasa capek, pukul 05.00 WIB pagi tadi istirahat tidur, tapi tahu-tahu sekiran jam 10.00 WIB, truk lepas kendali mundur ke belakang masuk ke saluran air.

“Ya sebelumnya masih ada muatan saja hand rem kuat menahan kok, ini tangki kosong sudah kosong malah ga kuat nahan,” ujarnya penuh tanya.

Kemudian sekira jam 11.00 WIB, datang mobil derek untuk menarik truk tangki warna abu-abu bertuliskan PT Gondo Inti Persada, agar bisa dikemudikan kembali.

Absa