blank
Prof Dr Parmin SPd MPd menyampaikan materi dalam Pengarahan dan Pembekalan Pembina Organisasi Kemahasiswaan (Orma) di Ruang Teleconference, Gedung Menara USM Lt 8, 31 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Unit Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) menggelar Pengarahan dan Pembekalan Pembina Organisasi Kemahasiswaan (Orma) di Ruang Teleconference, Gedung Menara USM Lt 8, 31 Mei 2023.

Kegiatan ini dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

Kegiatan ini diikuti 48 pembina Orma termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Mahasiswa (Dema) Fakultas Hukum, BEM dan Dema Fakultas Ekonomi, BEM dan Dema Fakultas Psikologi, BEM dan Dema Fakultas Teknik, BEM Dan Dema Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), BEM dan Dema Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen, HMJ Akuntansi, HMJ Teknik Sipil, HMJ Teknik Elektro, HMJ Perencanaan Wilayah Kota (PWK), Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian (Himateta), Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi (Himalika), Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata (Himapar), Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi (Himatisi), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Basket, UKM Bola Voli, UKM EPIC (Bahasa Inggris), UKM Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (Fokmi), UKM Fokus (Fotografi), UKM Karate, UKM Karawitan, UKM Kopima, UKM Korps Sukarela (KSR), UKM Kelompok Studi Sosial Ekonomi (KSSE), UKM Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala), UKM Menwa, UKM Musik, UKM Paskibra, UKM Pencak Silat, UKM Pengawal Idiologi Bangsa (PIB), UKM Pilus, UKM PMK (Mahasiswa Kristen), UKM Pramuka, UKM PRMK (Mahasiswa Katholik), UKM Paduan Suara Mahasiswa (PSM), UKM Promise, UKM Seni Tari, UKM Sepak Bola dan Futsal, UKM SPC (Kewirausahaan), UKM Tae Kwon-do, UKM Tenis Meja, UKM Rocsu (Robotic), UKM E-Sport, UKM Studi Perpajakan, UKM Optimus (Jurnalistik), dan UKM Panahan.

Junaidi mengatakan, tujuan kegiatan ini memberikan wawasan para pembina Orma USM dapat lebih kreatif dan berinovasi dalam mengarahkan ormanya untuk berkegiatan yang selaras dengan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Mahasiswa (Simkatmawa), sehingga pemeringkatan Simkatmawa USM dapat naik.

”Kami berharap, para pembina juga dapat mempersiapkan para mahasiswa di ormanya untuk mengikuti ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), antara lain kontes robot indonsia, PPK-Ormawa, kontes jembatan Indonesia, program kreativitas mahasiswa, on mipa, dan gemastik yang nanti disampaikan narasumber,” ungkapnya.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Prof Dr Parmin SPd MPd, Alamul Huda SIP MHum, dan Setiawan Witaradya MA.

”Materi yang saya sampaikan pada kegiatan ini peran pembina ormawa di USM. Materi ini sangat penting bagi pembina karena pembina adalah motor penggerak bagi ormawa yang dibina,” kata Parmin.

Menurutnya, menjadi pembina kemahasiswaan adalah investasi kebaikan, karena hanya sebagian kecil dosen yang mau meluangkan waktunya untuk membina mahasiswa di orma. Sebab, mahasiswa masih terbatas tentang pengetahuan dan wawasan sehingga membutuhkan sentuhan khusus dari dosen agar mereka berprestasi.

”Agar pembinaan berhasil ada beberapa strategi yang harus diterapkan oleh para pembina yaitu kegiatan harus sesuai dengan visi dan misi PT, tata kelola kelembagaan kemahasiswaan harus sehat, orientasi pada program kemdikbudristek, tim kemahasiswaan yang solid, pembimbingan kegiatan dan prestasi, serta dokumentasi,” ujarnya.

Muhaimin