blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – SDN 4 Panggang, Kecamatan Jepara, keluar sebagai juara lomba Senam SKJ Pelajar 2022 antar-SD tingkat Kabupaten Jepara. Sedangkan juara 2 dan juara 3 diraih SDN 5 Lebak (Pakisaji) dan SDN 1 Karangrandu (Pecangaan). Lomba itu digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) di Gedung PGRI Jepara, Rabu (31/5/2023).
Subkoordinator Pengendalian Mutu SD Nurul Afifah mengatakan, para juara mendapat hadiah berupa piala, piagam, dan uang pembinaan. Nilai uang pembinaan Rp3 juta untuk juara 1, Rp2,5 juta untuk juara 2, dan Rp2 juta untuk juara 3.
Usai penyerahan hadiah tersebut Nurul Afifah mengatakan, peserta yang tampil di tingkat kabupaten merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan. “Per kecamatan hanya mengirim satu kelompok peserta, hasil seleksi di masing-masing Satkordikcam,” kata Nurul Afifah.
blank
Menurutnya, seleksi itu juga dumaksudkan agar SKJ Pelajar 2022 sebagai senam baru untuk pelajar, diajarkan kepada semua siswa.
“Jadi tiap sekolah ada Senam Kreasi Pelajar Pancasila dan SKJ Pelajar 2022. Sesuai namanya, Senam Kreasi Pelajar Pancasila adalah hasil kreasi masing-masing sekolah. Sedangkan SKJ Pelajar 2022 gerakannya sudah ditentukan,” tambahnya.
Seluruh SD diharapkan menggalakkan kembali senam setidaknya sepekan sekali, setelah aktivitas tersebut terhenti selama pandemi. “Bisa selang-seling di antara kedua senam itu, atau langsung dua senam di hari yang sama,” tandasnya.
Sebelumnya, sosialisasi SKJ Pelajar 2022 sudah diberikan kepada guru PJOK, yang mengirim 3 orang perwakilan per kecamatan. Sosialisasi dilanjutkan di kecamatan dan dabin.
blank
Menanggapi hasil lomba, Kepala SDN 4 Panggang Juwari mengatakan, pihaknya sangat bersyukur bisa menjadi juara 1. “Ini hasil kerja Ikhlas dan disiplin Latihan. Kalau semua pekerjaan dilakukan dengan Ikhlas, penuh senyum, hasilnya bisa maksimal seperti ini. Ini juga berkat kerja keras tim, pelatih, serta dukungan para guru,” kata Juwari.
Hadepe