blank
MGMP Bahasa Indonesia SMP Kab. Jepara Kunjungi Museum Pers Nasional

JEPARA (SUARA BARU.ID)- Sebanyak 131 guru Bahasa Indonesia SMP negeri dan swasta, yang tergabung dalam MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Jepara, mengikuti Studi Literasi ke Museum Pers Nasional Surakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Warsih ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Jepara mengatakan bahwa kegiatan studi literasi dilakukan untuk meningkatkan literasi guru-guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Jepara.

blank

“Guru-guru dapat mengetahui perkembangan pers nasional sejak zaman Belanda sampai sekarang, Selain itu guru-guru bisa melihat alat-alat media elektronik dan cetak yang digunakan untuk mencetak dan menyebarkan berita pada zaman dulu,” kata Warsih.

Mukharom guru SMP 2 Kedung menambahkan, berbagai surat kabar nasional dari zaman dulu hingga sekarang dapat dijumpai di Museum Pers Nasional. “Selain itu juga bisa melihat proses scanner surat kabar zaman dulu,” ujarnya
“Berbagai dokumen surat kabar bisa kita temukan, mulai dari downloads berita sampai proses scanner bisa dilihat di museum ini,” tambah Mukharom.

blank

Studi literasi diakhiri dengan menyaksikan film dokumenter sejarah berdirinya Monumen Pers Nasional. Semua guru terkesima melihat dan mendengarkan sejarah perkembangan Monumen Pers Nasional. Ini dapat menambah wawasan para Guru Bahasa Indonesia mengenai perkembangan pers nasioanal.

Setelah melakukan studi literasi ke Museum Pers Nasional, kegiatan dilanjutkan wisata alam ke Karanganyar tepatnya ke Wisata Air Terjun Jumog. Selain meningkatkan literasi kegiatan studi literasi juga mempererat hubungan antar guru Bahasa Indonesia.

Hadepe – Warsih