blank
Ketua Tim PkM USM, Dr Tatas Transinata, S.Pd. M.Pd (kiri) foto bersama siswa SMK Perdana seusai kegiatan. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat membantu meningkatkan Pembelajaran Siswa SMK Perdana Semarang melalui Virtual Laboratory Based on Augmented Reality pada 26 Mei 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr. Tatas Transinata, S.Pd. M.Pd, anggota Trias Widorini, ST, M.Eng, dan Iryan Dwi Handayani, S.Pd., M.Pd.

Menurut Tatas, Lab Virtual 5.0 adalah pengembangan model laboratorium virtual berbasis Pendidikan 5.0. Lab Virtual 5.0 ini memiliki karakteristik Ubiquitous, TPACK, Autonomous Learning, dan Education 5.0.

”Lab virtual 5.0 ini sangat sesuai dengan tren belajar siswa saat ini karena menggunakan Internet dan multimedia berbasis topik sosial. Oleh karena itu dengan memanfaatkan Augmented Reality maka Lab Virtul 5.0 dapat meningkatkan minat dan prestasi siswa,” kata Tatas.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai pemanfaatan teknologi pembelajaran Lab Virtual berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar.

”Siswa sangat tertarik dengan hadirnya inovasi Virtual Lab 5.0 berbasis AR ini karena mereka dapat mengetahui lebih dalam suatu materi dengan bentuk 3D secara virtual,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Augmented Reality memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengeksplor suatu materi dengan melihatnya dari berbagai sisi secara virtual.

Generasi AR selanjutnya membuat siswa dapat berinteraksi secara real-time dengan perangkat handphone, kacamata khusus, kamera, webcam, dan sebagainya. AR menggunakan teknologi SLAM (Simultaneous Localization and Mapping) sehingga memungkinkan siswa untuk dapat mengumpulkan data suatu lokasi, menghitung jarak, ukuran, dan dimensi.

”Pembelajaran Virtual Lab based on Augmented Reality ini dimulai dengan siswa mendapatkan topik permasalahan lalu siswa mengakses topik tersebut di device masing- masing. Siswa dapat memanfaatkan aplikasi Googel AR atau Arloopa untuk melihat dan mengakses fitur AR dari topik yang diberikan,” tuturnya.

Kegiatan PkM ini merupakan program Pengabdian yang dibiayai oleh LPPM USM. Dia berharap, dari pengabdian ini siswa dan sekolah dapat mengetahui inovasi-inovasi terbaru dalam dunia Pendidikan shingga pembelajaran dan kompetensi dapat meningkat.

Muhaimin