blank
Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy resmi jabat Dirlantas Polda Aceh. Foto: Dok/SB

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Petugas gabungan dari Polres Sukoharjo dan Polda Jateng bekerja keras mengungkap kasus penemuan sejumlah potongan tubuh manusia di Sukoharjo dan Surakarta.

Potongan mayat tersebut diduga sebagai korban pembunuhan dan mutilasi.

Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (27/5/2023) menyampaikan, saat ini penyidik dari Polres Sukoharjo diback up Ditreskrimum Polda Jateng masih bekerja keras untuk mengungkap kasus dugaan pembunuhan dan mutilasi tersebut.

Sebelumnya diberitakan, terdapat enam potongan tubuh mayat yang ditemukan di pinggir aliran sungai di wilayah Sukoharjo dan Surakarta.

Potongan pertama berupa kaki kiri ditemukan warga pada Minggu (21/5) pukul 11.30 WIB di bantaran Sungai Bengawan Solo, Palur Mojolaban Sukoharjo. Berselang satu jam warga kembali menemukan potongan kedua berupa badan manusia di Sungai Jenes bawah Jembatan Kampung Waringin Rejo, Kecamatan Grogol Sukoharjo.

Di hari yang sama pada pukul 17.30 WIB kembali ditemukan potongan kepala manusia di bantaran Sungai Mojo, Pasar Kliwon, Surakarta. Pada pukul 19.00 WIB potongan tubuh berupa tangan kiri kembali ditemukan warga dan petugas yang melakukan penyisiran tak jauh dari lokasi penemuan kedua.

Keesokan harinya, Senin (22/5) sekira pukul 06.30 WIB, warga menemukan potongan tangan kanan di aliran Sungai Jenes Kecamatan Serengan, Solo.

Gerak cepat Polres Sukoharjo yang langsung dipimpin Kapolres Sukoharjo, Akbp Sigit dan Polresta Surakarta dipimpin Kapolresta, Kombes Iwan Saktiadi tersebut di back up oleh Ditreskrimum Polda Jateng.

Tim gabungan bekerja sama dengan Inafis serta tim Bid Dokkes Polda Jateng yang dipimpin Dokter Sumy Hastry dengan melibatkan Labfor Polda Jateng melakukan olah TKP, proses identifikasi dan otopsi terhadap temuan potongan tubuh yang dimutilasi.

Potongan-potongan tubuh tersebut kemudian dibawa ke RSUD Dr. Moewardi, Solo untuk dilakukan otopsi dan pemeriksaan forensik yang dipimpin langsung Kabiddokkes Kombes Pol Sumy Hastry Purwanti selaku Kepala Tim DVI Polda Jateng.