blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi memberikan Pelatihan tentang Komunikasi Pemasan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Meteseh, baru-baru ini. Mereka foto bersama seusai pelatihan. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen Fakultas Ekonomi memberikan Pelatihan tentang Komunikasi Pemasan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Meteseh, baru-baru ini.

Tim terdiri atas Ketua DC Kuswardani, anggota Guruh Mulia Widayat dan Lusa Mara. Kegiatan didanai Universitas Semarang.

Menurut Kuswardani, tujuan kegiatan adalah memberikan solusi keterbatasan pelaku usaha mengkomunikasikan produk yang dihasilkan pada pasar potensial. Dia berharap, pelaku usaha yang juga sekaligus anggota PKK di Kelurahan Meteseh mau menerapkan komunikasi pemasaran pada usaha masing-masing.

”Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena pelaku usaha mendapatkan pengetahuan cara mengkomunikasikan produk yang dihasilkan kepada pembeli potensial dan menularkan kepada pelaku usaha lain,” ujarnya.

Dia mengatakan, tujuan komunikasi pemasaran adalah mendapatkan koneksi, feedback, memberikan edukasi, branding merek perusahaan, meningkatkan pelayanan dan meningkatkan penjualan

”Sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu PKK yang sekaligus sebagai pelaku usaha yang mampu menghasilkan produk skala rumah tangga. Kami berharap, mereka dapat menjual produk yang dihasilkan tersebut ke pembeli potensial,” tandasnya.

Muhaimin