blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi Universitas Semarang melakukan sosialisasi tentang Literasi Pasar Modal sebagai sarana menabung bagi siswa SMK Negeri 9 Semarang pada 24 Mei 2023 di SMK Negeri 9 Semarang.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi Universitas Semarang melakukan sosialisasi tentang Literasi Pasar Modal sebagai sarana menabung bagi siswa SMK Negeri 9 Semarang pada 24 Mei 2023 di SMK Negeri 9 Semarang.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Kompetensi Akuntansi dan Keuangan SMK Negeri 9 Semarang, Dra Dwi Harti, M.Pd, puluhan siswa SMK Negeri 9 jurusan Akuntansi dan tim trainer KP BEI Jateng I, Akhmad Nuranyanto.

Tim PkM terdiri atas Asah Wiari Sidiq, S.E., M.M. anggota Rusdiana Permanasari, S.Kom., M.M. dan Ahmad Sahri Romadhon, S.E., M.Ak.

Sidiq mengatakan, tujuan kegiatan mengenalkan literasi pasar modal kepada siswa sebagai generasi milenial agar melek terhadap investasi saham dan belajar menabung saham di bursa efek.

Dia berharap, melalui kegiatan ini para siswa SMK Negeri 9 tertarik dan mencoba berinvestasi dengan cara menabung saham dari uang saku yang dimiliki.

”Kami mengimbau sebelum berinvestasi saham alangkah baiknya untuk mengetahui sejarah pasar modal dan instrument pasar modal agar tidak salah dalam menentukan pilihan dalam berinvestasi,” ujarnya.

Trainer BEI Jateng I, Akhmad Nuranyanto mengatakan, masyarakat harus bisa menjadi investor cerdas dengan 3P yakni paham, punya, dan pantau.

”Pastikan uang yang dialokasikan untuk investasi, pahami tujuan, profil risiko dan return serta bisnis dan keuangan dari produk investasi. Pastikan perusahaan yang menjadi tempat investasi layak dipercaya, kenali SID dan fungsi akses, pastikan transfer ke rekening yang tepat, rahasikan user dan password dalam melakukan transaksi,” ungkapnya.

Selain itu juga pantau rekening investasi secara berkala, pantau kinerja dan perkembangan perusahaan, pantau indikator pergerakan harga. Investasi orientasinya jangka panjang tidak instant dan effortnya perlu dilakukan secara berkala dan rutin.

Antusias siswa SMK Negeri 9 sangat baik. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan seperti cara pembagian deviden dan cara menjadi pialang saham.

Muhaimin