Bupati Joko Sutopo (baju batik lengan panjang) bersama Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah serta Dandim Letkol (Inf) Deny Octavianto, melakukan pemeriksaan barisan dalam apel gelar Polisi RW.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Dandim 0728 Letkol (Inf) Deny Octavianto dan Kapolres AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah, tampil bersama memimpin apel gelar jajaran Polisi RW (Rukun Warga). Apel dilaksanakan Kamis (25/5), di Alun-alun Giri Krida Bakti depan Kantor Bupati Wonogiri.

Polisi RW adalah program kepolisian, bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dengan basis kewilayahan. Dalam apel gelar Polisi RW di Wonogiri, ditandai dengan pemeriksaan barisan dan pemasangan atribut ban di lengan personel perwakilan.

Kasi Humas Polres Wonogiri, AKP Anom Prabowo, menyatakan, ikut hadir Kajari Porman Patuan Radot, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Rois Torodji, Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo, Asisten II Sekda FX Pranata, Asisten III Sekda Wiyanto. Juga hadir para Pejabat Utama (PJU) Polres dan para Kepala dinas instansi.

Peserta apel terdiri atas peleton Korsik, peleton Camat bersama Danramil dan Kapolsek se Wonogiri, para perwira Polres dan peleton Babinsa se jajaran. Juga masing-masing peleton dari Samapta, Satlantas dan Kanit Binmas se jajaran.

Berikut peserta sebanyak dua peleton dari jajaran Bhabinkamtibmas, peleton gabungan staf Polres dan dari Resintel, serta 2 peleton perwakilan RW. Selesai apel, dilanjutkan dengan peragaan simulasi penanganan bencana alam.

Harkamtibmas

Pimpinan apel dalam amanatnya menyatakan, program Polisi RW merupakan program Kabaharkam Polri, sebagai wujud Binmas prediktif. Ini merupakan bentuk integralitas semua fungsi Harkamtibmas, dalam mengemban tugas sebagai Polmas di tingkat komunitas RW.

Kegiatan ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri, serta mengedepankan upaya preemtif dan fungsi pencegahan dalam mewujudkan stabilitas Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri).

Keberadaan Bhabinkamtibmas yang mempunyai ruang lingkup tingkat desa/kelurahan, dirasa terlalu berat. Maka dengan adanya Polisi RW ini, setiap permasalahan di masyarakat dapat tertangani dengan cepat.

Polisi RW diserukan agar dapat berkolaborasi dengan Ketua RW, Kepala Desa (Kades), Lurah, Babinsa dan Bhabinkambtibmas, untuk membangun kerukunan sesama tetangga serta membantu menyelesaikan masalah warga.

Dipesankan, para Polisi RW untuk segera memulai interaksi yang konsisten dengan masyarakat dan membangun good impression. Juga peduli mendengarkan, menerima, berempati terhadap keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan warga di lingkup RW. Berikut melakukan scanning terhadap kerawanan di wilayahnya masing-masing.

Bambang Pur