blank
Ilustrasi main Hp. Foto: Dok/Pngtree

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Saat sedang bekerja atau saat lagi bersantai, kamu pastinya selalu ditemani dengan yang namanya Hp (Handphone). Bahkan banyak orang yang tidak bisa mengontrol penggunaan Hp, sehingga menyebabkan kecanduan untuk terus menggunakannya setiap saat.

Tak heran jika banyak orang mencari tahu cara mengatasi kecanduan gadget atau Hp. Faktanya kalau penggunaan Hp massif terjadi bukan hanya pada anak muda, tetapi juga orang dewasa hingga lansia. Fenomena inilah yang membuat hampir sebagian masyarakat mengalami ketergantungan.

Tidak bisa dipungkiri kalau penggunaan HP di era sekarang ini dapat membantu kebutuhan seseorang. Dengan Hp seseorang dapat memesan transportasi umum, membeli makanan, hingga bekerja, semuanya membutuhkan peran gadget dan jaringan internet.

Namun apabila tidak bisa terkelola dengan baik, jelas dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang, parahnya dapat berdampak pada kerusakan tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu, penting kiranya untuk bisa menghindari kecanduan bermain HP (gadget).

Mengutip dari Suara.com (akun Instagram @animolife), ada tujuh tips untuk berhenti kecanduan main Hp.

1. Tentukan waktu khusus untuk main Hp

Jangan bekerja sambil main Hp, jangan ngobrol sambil main Hp, dan jangan makan sambil main Hp. Main Hp mesti kamu jadwalkan, misalnya 2 jam per hari (jam 6-8). Hal ini penting kamu lakukan agar dapat meminimalisir penggunaan Hp dengan baik, terlebih kamu tidak hanya menghabiskan waktu hanya untuk scroll Hp yang belum tentu ada kegunaannya. Kecuali memang kalau penggunaan Hp dapat mendukung produktivitas kamu, itu boleh-boleh saja.

2. Kasur adalah tempat tidur

Kamu juga mesti bisa menyadari kalau kasur hanya boleh dipakai untuk tidur. Bukan tempat streaming, main game, dan main sosmed. Kebiasaan main Hp saat di kasur masih kerap dilakukan bagi setiap orang, sehingga seseorang tersebut akan sulit untuk tidur hingga akhirnya mengganggu aktivitas pada esok hari.

3. Matikan notifikasi

Lagi-lagi menyesuaikan dengan kondisi. Kalau urusan kerjaan, jangan matikan notifikasi. Tapi kalau untuk notifikasi game, streaming, sosmed, dan hal lainnya yang memang tidak sepenting itu, matikan saja. Ini penting kamu lakukan agar dapat menggunakan Hp untuk hal-hal yang bernilai positif saja, dan mengurangi penggunaan Hp untuk kegiatan yang kurang bermanfaat.

4. Satu hari tanpa Hp

Tentukan 1 hari dalam seminggu dimana kamu tidak menggunakan Hp sama sekali. Tentunya kamu terlepas dari aktivitas pekerjaan yang notabanenya menggunakan Hp. Cari waktu yang memang penggunaan Hp tidak dibutuhkan. Biasanya kebanyakan orang tidak menggunakan Hp pada hari Minggu atau hari libur kerja.

5. Ganti gaya kerja

Gaya kerja buruk, kerja selama 8 jam sambil main Hp. Gaya kerja produktif, letakkan Hp di tempat yang tidak bisa kamu gapai. Fokus 4 jam kerja, baru main Hp. Kadang, kenapa seseorang lambat menyelesaikan suatu pekerjaan atau susah fokus saat bekerja, karena dikit-dikit buka Hp, akhirnya bisa terjebak lama main Hp dan melupakan aktivitas pekerjaan utama.

6. Ganti rutinitas pagi

Kalau kamu termasuk ciri orang yang apabila baru bangun tidur langsung buka Hp terus scrolling-scrolling, cobalah untuk mengubahnya dan berhenti melakukannya. Carilah aktivitas morning routine yang produktif.

7. Cari bentuk istirahat yang tidak membutuhkan Hp

Ada banyak pilihan yang bisa kamu lakukan tanpa membutuhkan Hp. Misalnya saja, baca buku, nge-gym, jalan-jalan, yoga, meditasi, ibadah, badminton, hangout sama teman, main sama kucing, dan ngobrol sama pohon pun juga bisa. Kamu bisa pilih salah satunya.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk berhenti kecanduan main Hp. Efek kecanduan main Hp bisa berupa, kecemasan sosial, susah tidur, motivasi rendah, depresi, dan masih banyak lagi.

Ning S