blank
Mahasiswa Universitas Semarang mengerjakan soal dalam Lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Onmipa) tingkat wilayah bidang Kimia dan Biologi pada 23 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) mengikuti Lomba Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Onmipa) tingkat wilayah bidang Kimia dan Biologi pada 23 Mei 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui zoom meeting tersebut dilaksanakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi selama dua hari yakni 23-24 Mei 2023.

Sembilan mahasiswa FTP yang terpilih untuk mengikuti lomba ini yaitu 5 mahasiswa bidang Kimia yaitu Diana Puspita Sari, Benedictus Dimas Pamungkas Nasadit, Fadhyl Muhammad Irhab Rauf, Angelina Intan Maulidya, dan Maulina Salma Faiz. Sedangkan Biologi ada empat mahasiwa yaitu Nailul Hana Syarofanie, Annisa Maharani Rahmawati, Ribka Dewi Pertiwi, dan Aji Bayu Lejar Mahendra,

Mereka didampingi dosen Kimia FTP USM Aldila Sagitaning Putri dan Dosen Biologi FTP USM Anisa Rahma Sari.

”Mahasiswa yang mewakili lomba ini adalah mahasiswa yang memiliki nilai yang baik pada mata kuliah di bidang kimia dan biologi, sehingga kami yakin mahasiswa tersebut mampu menaklukkan soal-soal yang ada di lomba ini,” kata Aldila.

Lomba ini diikuti mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Untuk bidang Bilogi ada 1074 mahasiswa. Mereka mewakili perguruan tinggi antara lain Universitas Diponegoro, Universitas Gadjahmada, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Trunojoyo, dan Universitas Telkom. sedangkan bidang kimia berjumlah 784 antara lain Universitas Pattimura, Universitas Djuanda, Universitas Medan Area, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Gorontalo, dan Universitas Negeri Jakarta.

Wakil Rektor III, Dr Muhammad Junaidi mengapresiasi para pendamping yang telah memberikan mentoring serta pelatihan agar mahasiswa dapat lolos di tingkat wilayah.

”Kami berharap, para mahasiswa memberikan kemampuan terbaiknya untuk hari ini dan besuk, sehingga dapat lolos di tingkat wilayah. Kami akan terus memberikan fasilitas kepada mahasiswa-mahasiwa yang memiliki komptensi dibidang akademik, sehingga prestasi bidang akademik yang diperoleh mahasiwa USM dapat meningkat drastis di tahun ini,” ungkapnya.

Muhaimin