Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dengan jenis usaha bakso di wilayah Semarang Timur di Ruang N.310 Fakultas Ekonomi USM pada 20 Mei 2023. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM dengan jenis usaha bakso di wilayah Semarang Timur di Ruang N.310 Fakultas Ekonomi USM pada 20 Mei 2023.

Kegiatan yang dibuka Dekan Fakultas Ekonomi USM Yohanes Suhardjo, SE, M.Si, Ak, CA itu diikuti 50 peserta.

Yohanes mengatakan, pihaknya siap memberikan pendampingan dengan free charge kepada para pelaku UMKM di Kota Semarang. Kepeduliannya tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sekaligus membantu pemerintah dalam memajukan pengelolaan UMKM di Kota Semarang.

”Kami siap membantu pengelolaan UMKM Bakso dalam memanage, membuat laporan keuangan dan penyusunan laporan pajak. Kami berharap, melalui kegiatan ini para pelaku UMKM bakso memiliki pemahaman tentang manajemen, akuntansi dan perpajakan,” ungkapnya.

Ketua Pelaksana, Asih Niati mengatakan, kegiatan diikuti oleh 50 peserta. Kegiatan menghadirkan dua pemateri yaitu Tri Rinawati, SE, MM (ketua Jurusan S1 Akuntansi FE USM) dan Citra Indriani, SE, MM (dosen FE dan praktisi perpajakan).

Pada kesempatan tersebut Tri Rinawati memberikan materi dasar tentang penentuan harga pokok produksi dan pelaporannya. Sedangkan Citra Indriani menyampaikan materi tentang perpajakan UMKM.

Muhaimin