blank

Oleh : Deny Ana I’tikafia

Dalam 2 hari berturut turut ini , merupakan hari penting bagi perempuan di kalangan Muhamadiyah, yaitu Jumat 19/03/2023 dan Sabtu 20/03/2023. Di Penghujung akhir bulan syawal 1444 H yaitu hari ke 29 dan 30.

Jumat 19/03/2023 bertepatan Milad Aisyiyah ke 106 bertemakan “Kepemimpinan Perempuan Mencerahkan Peradaban Bangsa”. Sedangkan Sabtu 20/03/2023 adalah hari Kebangkitan Nasional ke 115 bertemakan “Semangat untuk Bangkit”.

Ada banyak hal yang patut untuk direnungkan dan kemudian untuk digerakkan agar kedua tema itu saling menguatkan.Tidak hanya sekedar menjadi slogan dalam suatu even, setelah itu hilang begitu saja

Jelang pemilu 2024, para perempuan berkemajuan harus tanggap terhadap responsif gender juga melek IT, minimal dapat memahaminya sehingga tidak ketinggalan jaman.

Pengaruh budaya patriarki sangat melekat sehingga banyak perempuan yang telah banyak berkiprah namun status dalam catatan kependudukan “hanya” sebagai ibu rumah tangga.

Sudah saatnya responsif gender yang telah banyak disuarakan harus semangat untuk bangkit digerakkan sebagai niatan agar perempuan ke depan dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya pintar namun juga amanah.

Muara dari semua itu adalah penguatan dari dalam keluarga menjadi prioritas pertama dan utama yang diharapkan memperkuat mental dan siap menghadapi pengaruh apapun dari luar.

Marilah kita perkuat pendidikan dalam keluarga. Ajak semua anggota keluarga baik ibu , bapak dan anak bersatu saling menguatkan, demi menghadapi tuntutan jaman yang semakin kompleks.

Penulis adalah Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Jepara