blank
Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudoyono atau SBY (kiri depan), berbincang-bincang dengan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (baju batik).(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Peresmian Museum dan Galeri Seni SBY* Ani di Pacitan, Jatim, kemungkinan akan dilaksanakan Bulan Juli 2023 mendatang. Kabar tersebut, disampaikan sendiri oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kamis (19/5) saat berkunjung ke Kabupaten Pacitan.

Hadirnya Museum SBY*Ani, akan menambah destinasi wisata di Pacitan sebagai Kabupaten yang berjuluk Paradise of Java tersebut. Destinasi, dipahami sebagai tujuan, arah atau alamat. Kata ini, mengakar pada Bahasa Inggris destination. 

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Presiden RI Ke-6 tersebut datang ke Pacitan untuk pulang kampung. Kedatangan SBY, disambut langsung Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Wakil Bupati Gagarin beserta Forkopimda.

Sesaat setelah turun dari kendaraan bus yang membawanya, SBY menyapa dan bersalaman dengan Bupati beserta semua yang hadir sambil berbincang-bincang. Salah satunya, terkait dengan rencana peresmian museum.

Awalnya, direncakan akan dilaksanakan awal Bulan Juni nanti. Namun karena Tanggal 1 Juni bertepatan dengan tanggal kepulangan atau wafatnya Ibu Negara Ani SBY, maka kemungkinan rencana itu akan mundur. ”Kemungkinan akan diresmikan dan dibuka untuk umum Bulan Juli,” kata SBY.

Selama jangka waktu tersebut, menurut SBY, Museum dan Galeri Seni SBY*Ani akan melakukan uji coba dengan mengundang pelajar untuk berkunjung. Hal ini sekaligus untuk menguji sistem yang ada di museum, sehingga ketika nanti dibuka untuk umum semuanya sudah siap.

Bambang Pur