blank
Panitia tengah menyiapkan tempat penyelenggaraan Friendship Run di Jakarta, yang akan berlangsung Minggu (21/5/2023). Foto: bormar

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Euforia lomba lari Borobudur Marathon (Bormar) 2023 di Kabupaten Magelang, pada 19 November mendatang, mulai dinyalakan lewat kegiatan Bank Jateng Friendship Run.

Kota Jakarta menjadi tempat pertama Friendship Run, yang akan dihelat pada Minggu (21/5/2023) besok, mulai pukul 05.30 WIB.

Mengambil start dari Taman Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Jakarta, sekitar 1.200 runners akan menyemarakkan Friendship Run sejauh 5 km. Mereka berasal dari 30-an komunitas pelari dan perwakilan instansi. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dijadwalkan hadir pada acara itu.

BACA JUGA: OPD Jepara Dibekali Kemampuan Informasi Geospasial

Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An menjelaskan, setelah Bormar 2023 yang mengusung spirit ‘Voice of Unity’ diresmikan pada 18 Maret lalu di Magelang, kini saatnya semarak Bormar digaungkan melalui Friendship Run, yang gelarannya diawali dari Ibu Kota.

”Kami berharap, Friendship Run ini mendapatkan sambutan meriah dari warga Jakarta dan sekitarnya. Di sini, pelari bukan hanya menjaga kebugaran, menjalin persahabatan, tapi bisa menikmati kelezatan kuliner yang diusung langsung dari Magelang,” kata Liem Chie An dalam keterangannya, Sabtu (20/5/2023).

Panitia Penyelenggara Friendship Run, Lukminto Wibowo menambahkan, meskipun Borobudur Marathon sudah populer, tapi pihaknya masif memasarkan event ini sebagai ikon lari Nasional.

BACA JUGA: Bupati Wonogiri: Bangkitkan Kebersamaan Bermanfaat Bagi Semua Pihak

Melalui kegiatan ini, kata pria yang akrab disapa Luki, muaranya bisa menciptakan awareness di tengah warga Jakarta tentang BorMar.

Disebutkannya juga, Friendship Run juga untuk obat penawar bagi para runners jika nantinya tak bisa tampil di Bormar 2023, karena ada pembatasan kuota hanya 10 ribu pelari dengan sistem ballout (undian).

”Jika nantinya pelari tak bisa merasakan langsung udara, alam, keramahtamahan warga sekitar Borobudur, paling tidak merasakan euforia Borobudur Marathon lewat Friendship Run ini,” ujarnya.

BACA JUGA: 10 Atlit Sepaktakraw Pelajar Jepara Dipanggil Seleksi PPLOP Jawa Tengah

Berbeda dengan tahun lalu yang hanya menggelar empat seri, lanjut dia, Friendship Run tahun ini dihelat di 10 kota di Indonesia. Setelah dari Jakarta, akan berlanjut ke Bandung (4 Juni), Semarang (25 Juni), Yogyakarta (9 Juli), Surabaya (23 Juli), Denpasar (6 Agustus), Makassar (20 Agustus), Banjarmasin (3 September), Medan (17 September), dan Palembang (1 Oktober).

Sementara itu, Manajer Event, Sri Aswito Zainul menyampaikan, sekitar 30-an komunitas lari akan turut memeriahkan Friendship Run ini. Di antaranya Running Is Our Therapy (RIOT), Selari, dan Tangerang Crazy Runners.

Dipaparkannya, rute 5K yang ditempuh pelari melewati sejumlah landmark di Jakarta, dimulai Lapangan Banteng, Tugu Tani, Balai Kota, Bundaran Patung Kuda, lokasi Car Free Day, balik ke Jalan Merdeka, dan finish di Lapangan Banteng.

BACA JUGA: Tujuh Kali Berturut-turut Laporan Keuangan Pemkot Magelang Raih Opini WTP dari BPK

Pada Friendship Run Jakarta, pihaknya juga mendatangkan pelaku UMKM binaan Bank Jateng, yang dilibatkan untuk menjual kuliner mereka dalam booth Pawone. Sehabis berlari, peserta bisa menikmati hidangan istimewa khas Magelang, seperti mangut beong, kupat tahu, dawet ireng dan makanan tradisonal legondo.

”Kami juga melombakan cosplay lewat pemilihan best kostum untuk pelari yang mengenakan kostum unik, dan mampu menyemarakkan acara ini,” pungkasnya.

Riyan