blank
Jajaran pimpinan dan staf Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo foto bersama. Foto : SB/dok Kanim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo mengikuti kegiatan desk evaluasi pembangunan zona untegritas menuju wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal. Selasa (16/5/2023).

Dalam momen tersebut, tampak seluruh tim kerja pembangunan zona integritaa Kantor Imigrasi Wonosobo mengenakan Ikat Saba..Ikat kepala khas tersebut memiliki makna sebagai bentuk penghormatan yang harus dijunjung tinggi.

Kegiatan desk evaluasi pembangunan zona integritas menuju WBBM dimulai dengan penampilan Yel-Yel Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo di hadapan Tim Penilai Internal.

Penilaian dilanjutkan dengan pemutaran Video jingle, video profil dan pemaparan pembangunan zona integritas oleh Kepala Kanim hingga tanya jawab antara tim penilai Internal dengan tim kerja pembangunan ZI Kanim Wonosobo bertempat di Aula Lantai 1 Kantor Kanim setempat.

Kepala Kanim Kelas II Non TPI Wonosobo, Ari Widodo menjelaskan inovasi-inovasi unggulan yang dimiliki pada sektor layanan public, diantaranya talkshow ANTRI (Asik Ngobrol Seputar Imigrasi) Inovasi ANTRI merupakan inovasi penyebaran informasi keimigrasian berbentuk talkshow.

Kegiatan talkshow ini dilakukan secara berkesinambungan pada minggu ketiga setiap bulannya. Dengan adanya talkshow ANTRI ini diharapkan masyarakat bisa lebih memahami dan mendapatkan informasi yang tepat dan akurat mengenai keimigrasian dari Kanim Wonosobo.

Yang Kedua Inovasi Jempol Pak Haji Datang, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI mendatangi kantor pelayanan haji di setiap kabupaten yang masuk wilayah Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo untuk melaksanakan kegiatan inovasi ini.

Ketiga Early Warning Izin Tinggal WNA, Inovasi Early Warning Ijin Tinggal WNA ini tercipta untuk memudahkan para pemohon layanan ijin tinggal untuk mengetahui kapan masa berlaku ijin tinggalnya akan habis.

Inovasi Early Warning System ini memuat nama penjamin, nama WNA, jenis permohonan WNA dan masa berlaku ijin tinggal WNA dan akan mengirimkan pesan pemberitahuan secara otomatis kepada para pemohon WNA bahwa ijin tinggal mereka akan habis masa berlakunya

Terakhir Inovasi BAP Paspor Las Les, inovasi ini memudahkan pemohon BAP Paspor untuk reservasi jadwal kedatangan dan Vmverifikasi dokumen persyaratan sebelum kedatangan ke Kantor Imigrasi Wonosobo melalui Whatsapp CS Inteldakim.

Sehingga pemohon BAP Paspor yang datang sudah siap untuk dilayani sesuai jadwal kedatangan dan persyaratan sudah dinyatakan lengkap.

Dalam sesi tanya jawab, Tim Penilai Internal yang dipimpin oleh Pengendali Teknis TPI Inspektorat Wilayah IV, Ichsanudin Eko memberi masukan-masukan dan evaluasi pada Kantor Imigrasi Wonosobo dalam kontestasi pembangunan zona integritas.

Muharno Zarka